RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Satuan Pendidikan | : | SMK Kendal |
Kelas / Semester | : | X /1 |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Tema Subtema | : : | Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik Teks Eksposisi |
Pertemuan | : | 2 x Pertemuan |
Alokasi Waktu | : | 4x 45 menit |
A. | Kompetensi Inti |
| 1. Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya 2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ), santun responsif dan menawarkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan aasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan. |
B. | Kompetensi Dasar |
| 1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi verbal dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks, dan negosiasi 2.5 Menunjukkan sikap jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik. 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks, eksposisi, negosiasi, baik melalui verbal maupun tulisan. Indikator: Dapat menjelaskan isi teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan. Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan. 4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks, eksposisi, dan perundingan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik melalui verbal maupun tulisan. Indikator: Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan. |
| |
| |
C. | Tujuan Pembelajaran |
| Selama dan setelah pembelajaran peserta didik dapat memiliki sikap: 1. Peduli terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik. 2. Santun dalam mengemukakan pendapat berkaitan dengan konflik sosial, ekonomi, dan kebijkan publik Selama dan sehabis pembelajaran akseptor didik mempunyai pengetahuan : 1. Dapat menjelaskan pokok-pokok pikiran teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan. 2. Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan. 3. Dapat menjelaskan ciri bahasa teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan. Selama dan sehabis pembelajaran akseptor didik mempunyai keterampilan : Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan. |
D. | Materi Pembelajaran 1. Pemahaman struktur isi teks eksposisi 2. Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi 3. Pemahaman isi teks eksposisi 4. Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi 5. Pemahaman isi teks eksposisi |
E. | Metode Pembelajaran: 1. PendekatanScientific (Ilmiah) 2. Model : Project Based Learning 3. Metode: Diskusi, inkuiri, penugasan. |
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
Pendahuluan | 1. Guru memberi salam dan memimpin doa 2. Guru mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas semoga siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik 3. Guru memberikan informasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan 4. Guru membentuk kelompok berguru beranggotakan 4 – 5 siswa | 15 menit | Diskusi, inkuiri, penugasan. |
Inti | Mengamati Peserta didik membaca pola teks eksposisi Menanya Peserta didik menciptakan pertanyaan yang berafiliasi dengan isi teks eksposisi Menalar 1. Peserta didik menjelaskan pokok-pokok pikiran yang ada dalam teks eksposisi 2. Peserta didik menjelaskan ciri bahasa eksposisi Mencoba dan menciptakan jejaring 1. Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dalam diskusi kelas dengan santun 2. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi wacana teks eksposisi di depan kelas. 3. Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru wacana eksposisi.. 4. Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan rujukan dari guru 5. Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru. | 10 menit 5 menit 15 menit 30 menit | |
Kegiatan Penutup | 1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran 2. Peserta didik melaksanakan refleksi terhadap acara yang sudah dilakukan 3. Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya | 15 Menit |
.
Pertemuan Kedua
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
Pendahuluan | 1. Guru memberi salam dan memimpin doa 2. Guru mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas semoga siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik 3. Guru memberi informasi wacana keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan 4. Guru memberikan informasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan 5. Guru membentuk kelompok berguru beranggotakan 4 – 5 akseptor didik | 15 menit | Diskusi, inkuiri, penugasan. |
Inti | Mengamati 1. Peserta didik membaca pola teks eksposisi 2. Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks Menanya 1. Peserta didik menanyakan wacana ciri umum teks eksposisi 2. Peserta didik menanyakan struktur isi teks eksposisi yang dibaca dan diamati Menalar 1. Peserta didikmengidentifikasi struktur dan kaidah teks eksposisi 2. Peserta didik menemukan pokok-pokok argumentasi yang terdapat dalam teks tersebut Mencoba dan menciptakan jejaring 1. Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan kaidah teks eksposisi 2. Peserta didik berdiskusi untuk menyusun kembali pokok-pokok pendapat yang ada dalam teks dengan kalimat yang berbeda tetapi tidak mengubah isi 3. Peserta didik menciptakan ringkasan teks eksposisi tersebut menjadi satu kalimat yang gampang dipahami 4. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi wacana teks eksposisi di depan kelas. 5. Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru wacana eksposisi.. 6. Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan rujukan dari guru 7. Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru. | 10 menit 5 menit 15 menit 30 menit | |
Kegiatan Penutup | 1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran 2. Peserta didik melaksanakan refleksi terhadap acara yang sudah dilakukan 3. Peserta didik mendapat penilaian terhadap acara pembelajaran yang telah dilakukan. 4. Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya | 15 menit |
G | Media dan Sumber Pembelajaran: 1. Model Teks Eksposisi 2. Buku Teks Bahasa Indonesia 3. Buku Penunjang 4. KBBI |
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Buatlah rumusan pengertian wacana teks eksposisi
2. Ambilah 5 istilah yang ada di dalam teks eksposisi Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris , kemudian carilah artinya, dan buatlah dalam kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar !
Mengetahui Kendal, 1 November 2013
Kepala Sekolah Guru Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian
1. Penilaian Uraian
| KUNCI / KRITERIA JAWABAN/ ASPEK YANG DINILAI | TINGKAT | SKOR |
1 | ISI EKSPOSISI · Sesuai dengan isi kutipan, luas dan lengkap, amat terjabar. · Sesuai dengan kutipan, luas dan lengkap, terjabar krang baik. · Sesuai dengan kutipan,kurang luas dan kurang lengkap, terjabar kurang baik. · Tidak sesuai dengan kutipan, tidak luas dan tidak lengkap, terjabar tidak baik. | Amat Baik Baik Sedang Kurang | 27 - 30 22 - 26 17 - 21 13 - 16 |
2 | STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS EKSPOSISI · Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi amat tinggi · Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi kurang baik. · Benar, kurang lengkap lengkap, kurang jelas, miskin gagasan, logis, kohesi kurang baik · Tidak benar, tidak lengkap, tidak jelas jelas, miskin gagasan, tidak logis, kohesi tidak baik | Amat Baik Baik Sedang Kurang | 18 – 20 14 – 17 10 – 13 7 – 9 |
3 | KAIDAH TATA BAHASA · Amat menguasai tata bahasa, amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat. · Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna · Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna. · Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat tidak komunikatif | Amat Baik Baik Sedang Kurang | 18 – 20 14 – 17 10 – 13 7 - 9 |
4. | INTERPRETASI TEKS · Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, dankomunikatif. · Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, tetapi kurang komunikatif. · Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis,tetapi kurang runtut dan kurang komunikatif · Tidak sesuai dengan isi teks, tidak lengkap,tidak logis, tidak runtut, dan tidak komunikatif | Amat Baik Baik Sedang Kurang | 27 - 30 22 - 26 17 - 21 13 - 16 |
2. Penilaian Presentasi
Nama | : |
Kelas/NIS | : |
Tanggal | : |
No | Aspek | Amat Baik | Baik | Cukup | Kurang |
| | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Persiapan | | | | |
2 | Penyampaian | | | | |
3 | Penampilan | | | | |
4 | Komunikasi nonverbal | | | | |
5 | Komunikasi Verbal | | | | |
6 | Pemanfaatan piranti Bahasa | | | | |
7 | Alat Bantu Visual | | | | |
8 | Tanggapan terhadap Pertanyaan | | | | |
9 | Isi | | | | |
| Jumlah | | | | |
Mengetahui Kendal, 1 November 2013
Kepala Sekolah Guru Bahasa Indonesia
Drs. Suroyo Siti Aminatun,S.Pd.
NIP 19620310 198703 1 013 NIP. 19740309 200801 2 007
0 Response to "Contoh Rpp Mapel Bhs Indonesia Kurikulum 13"