Latest News

Contoh Rpp Mapel Bhs Indonesia Kurikulum 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Satuan Pendidikan
:
SMK  Kendal
Kelas / Semester
:
X /1
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Tema
Subtema
:
:
Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Teks Eksposisi
Pertemuan
:
2 x Pertemuan
Alokasi Waktu         
:
4x 45 menit


A.
Kompetensi Inti

1.        Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai ), santun responsif dan menawarkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan aasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.
Kompetensi Dasar

1.2         Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi verbal dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks, dan negosiasi
2.5         Menunjukkan sikap jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks, eksposisi, negosiasi, baik melalui verbal maupun tulisan.
  Indikator:  Dapat menjelaskan isi teks eksposisi baik melalui verbal maupun  tulisan.
                      Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui  lisan maupun tulisan.

4.1  Menginterpretasi makna  teks anekdot, laporan hasil observasi, mekanisme kompleks, eksposisi, dan perundingan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik melalui verbal maupun tulisan.
Indikator:  Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks  eksposisi baik  melalui verbal maupun tulisan.






C.
Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah pembelajaran peserta didik dapat  memiliki sikap:
1.        Peduli terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan  konflik sosial, ekonomi,dan kebijakan publik.
2.        Santun dalam mengemukakan pendapat berkaitan dengan konflik sosial, ekonomi, dan kebijkan publik
Selama dan sehabis pembelajaran akseptor didik mempunyai pengetahuan :
1.        Dapat menjelaskan pokok-pokok pikiran teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan.
2.        Dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan.
3.        Dapat menjelaskan ciri bahasa teks eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan.
Selama dan sehabis pembelajaran akseptor didik mempunyai keterampilan :
Dapat menafsirkan/ menceritakan kembali teks  eksposisi baik melalui verbal maupun tulisan.

D.
Materi Pembelajaran
1.        Pemahaman struktur isi teks eksposisi
2.        Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
3.        Pemahaman isi teks eksposisi
4.        Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
5.        Pemahaman isi teks eksposisi

E.
Metode Pembelajaran:
1.        PendekatanScientific (Ilmiah)
2.        Model : Project Based Learning
3.        Metode: Diskusi, inkuiri, penugasan.



F.      Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam dan memimpin doa
2.    Guru mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas semoga siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik
3.    Guru memberikan informasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.    Guru membentuk kelompok berguru beranggotakan 4 – 5 siswa
15 menit

Diskusi, inkuiri, penugasan.
Inti
Mengamati
Peserta didik membaca pola teks eksposisi Menanya
Peserta didik menciptakan pertanyaan yang berafiliasi dengan isi teks eksposisi
Menalar
1.    Peserta didik menjelaskan pokok-pokok pikiran yang ada dalam teks eksposisi
2.    Peserta didik menjelaskan ciri bahasa eksposisi
Mencoba dan menciptakan jejaring
1.    Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dalam diskusi kelas dengan santun
2.     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi wacana teks eksposisi di depan kelas.
3.     Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru wacana eksposisi..
4.     Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan rujukan dari guru
5.     Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.


10 menit




5 menit






15 menit









30 menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.    Peserta didik melaksanakan refleksi terhadap acara yang sudah dilakukan
3.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
15
Menit
.


Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.         Guru memberi salam dan memimpin doa
2.         Guru mengecek kehadiran siswa dan mengondisikan kelas semoga siap untuk mengikuti pelajaran dengan baik
3.         Guru memberi informasi wacana keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.         Guru memberikan informasi wacana tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.         Guru membentuk kelompok berguru beranggotakan 4 – 5 akseptor didik

15 menit
Diskusi, inkuiri, penugasan.
Inti
Mengamati
1.         Peserta didik membaca pola teks eksposisi
2.        Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks
Menanya
1.         Peserta didik menanyakan wacana ciri umum teks eksposisi
2.         Peserta didik menanyakan struktur isi teks eksposisi yang dibaca dan diamati
Menalar
1.    Peserta didikmengidentifikasi struktur dan kaidah teks eksposisi
2.    Peserta didik menemukan pokok-pokok argumentasi yang terdapat dalam teks tersebut
Mencoba dan menciptakan jejaring
1.     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan kaidah teks eksposisi
2.     Peserta didik berdiskusi untuk menyusun kembali pokok-pokok pendapat yang ada dalam teks dengan kalimat yang berbeda tetapi tidak mengubah isi
3.     Peserta didik menciptakan ringkasan teks eksposisi tersebut menjadi satu kalimat yang gampang dipahami
4.     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi wacana teks eksposisi di depan kelas.
5.     Peserta didik memperoleh klarifikasi/ penegasan dari guru wacana eksposisi..
6.     Peserta didik memperoleh pengayaan informasi dan rujukan dari guru
7.     Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.


10 menit








5  menit





15 menit






30 menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.    Peserta didik melaksanakan refleksi terhadap acara yang sudah dilakukan
3.    Peserta didik mendapat  penilaian terhadap acara pembelajaran yang telah dilakukan.
4.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
15 menit

G
Media dan Sumber Pembelajaran:
1.        Model Teks Eksposisi
2.        Buku Teks Bahasa Indonesia
3.        Buku Penunjang
4.        KBBI

H. Penilaian  Hasil Belajar
1. Buatlah rumusan pengertian wacana teks eksposisi
2. Ambilah 5 istilah yang ada di dalam teks eksposisi Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris , kemudian carilah artinya, dan buatlah dalam kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar !



Mengetahui                                                                             Kendal, 1 November  2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bahasa Indonesia






































Rubrik Penilaian
1.         Penilaian Uraian


KUNCI / KRITERIA JAWABAN/ ASPEK YANG DINILAI
TINGKAT
SKOR
1
ISI EKSPOSISI
·         Sesuai dengan isi kutipan, luas dan lengkap, amat terjabar.
·         Sesuai dengan kutipan, luas dan lengkap, terjabar krang baik.
·         Sesuai dengan kutipan,kurang  luas dan kurang lengkap, terjabar kurang baik.
·         Tidak sesuai dengan kutipan, tidak luas dan tidak lengkap, terjabar tidak  baik.


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

27 - 30
22 - 26
17 - 21
13 - 16
2
STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS EKSPOSISI
·         Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi amat tinggi
·         Benar, lengkap, amat jelas, kaya akan gagasan, logis, kohesi kurang baik.
·         Benar, kurang lengkap lengkap, kurang  jelas, miskin gagasan, logis, kohesi kurang baik
·         Tidak benar, tidak lengkap, tidak jelas   jelas, miskin gagasan, tidak logis, kohesi  tidak baik


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

18 – 20
14 – 17
10 – 13
7 – 9
3
KAIDAH TATA BAHASA
·         Amat menguasai tata bahasa, amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat.
·         Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna
·         Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·         Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat tidak komunikatif


Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang

18 – 20
14 – 17
10 – 13
7 - 9
4.
INTERPRETASI TEKS
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, dankomunikatif.
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis, runtut, tetapi kurang komunikatif.
·         Sesuai dengan isi teks, lengkap, logis,tetapi kurang  runtut dan kurang komunikatif
·         Tidak sesuai dengan isi teks, tidak lengkap,tidak  logis, tidak runtut, dan tidak komunikatif

Amat Baik
Baik
Sedang
Kurang
27 - 30
22 - 26
17 - 21
13 - 16




2.         Penilaian Presentasi

Nama
:
Kelas/NIS
:
Tanggal
:

No
Aspek
Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang


4
3
2
1
1
Persiapan




2
Penyampaian




3
Penampilan




4
Komunikasi nonverbal




5
Komunikasi Verbal




6
Pemanfaatan piranti Bahasa




7
Alat Bantu Visual




8
Tanggapan terhadap Pertanyaan




9
Isi





Jumlah







Mengetahui                                                                             Kendal, 1 November  2013
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bahasa Indonesia




Drs. Suroyo                                                                             Siti Aminatun,S.Pd.
NIP 19620310 198703 1 013                                                 NIP. 19740309 200801 2 007

0 Response to "Contoh Rpp Mapel Bhs Indonesia Kurikulum 13"

Total Pageviews