Latest News

Artikel Aturan Bisnis Dan Moral Aturan Bisnis By Nama : Istianah Nim : 11 0201 0186

ARTIKEL HUKUM BISNIS DAN ETIKA HUKUM BISNIS
NAMA                        : ISTIANAH
NIM                            : 11 0201 0186

HUKUM BISNIS
Hukum bisnis merupakan peraturan yang mengawal pelaksanaan aktivitas dalam berbisnis atau pelaksanaan aktivitas ekonomi. Didalam pengaturan mengenai hokum bisnis termuat tata cara dan mekanisme mengenai bagaimana menjalankan kebiasaan bisnis yang sebenarnya. Untuk memahami humum bisnis, ada baiknya kita memahami dulu aturan perdata dan aturan dagang secara umum. Sebab bidang aturan perdata dan aturan dagang merupakan dasar dari aturan bisnis. Untuk lebih jelasnya Hukum Bisnis sanggup diartikan sebagai peraturan-peraturan yang tertulis yang dibentuk oleh pemerintah dalam rangka mengatur, melindungi dan mengawasi seluruh aktivitas bisnis baik itu aktivitas perdagangan atau industry atau barang jasa yang berkaitan dengan keuangan dan sector bisnis.
Sumber Hukum Bisnis yang utama yaitu ;
1.     Asas kontrak ( Perjanjian ) itu sendiri menjadi sumber hokum utama, dimana masing-masing pihak terkait untuk tunduk kepada kontrak yang telah disepakati
2.     Asas kebebasan berkontrak, dimana para pihak bebas untuk menciptakan dan memilih isi dari kontrak yang mereka sepakati.
Menurut Munir Fuady sumber-sumber aturan bisnis yaitu :
1.     Perundang-undangan
2.     Perjanjian
3.     Traktat
4.     Jurisprodensi
5.     Kebiasaan









ETIKA BISNIS
Etika bisnis merupakan cara untuk melaksanakan aktivitas bisnis yang meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika bisnis dalam suatu perusahaan sanggup membentuk nilai, norma dan perlaku karyawan serta pimpinan dalam membangun relasi yang adil dan sehat dengan pelanggan /mitra kerja, pemegang saham, masyarakat
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik yaitu bisnis yang beretika yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah adab sejalan dengan aturan dan peraturan yang berlaku.
Etika bisnis sanggup menjadi standar dan aliran bagi seluruh karyawan termasuk administrasi dan menjadikannya sebagai aliran untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan perilaku yang professional.
Tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laris etik bisnis yaitu :
1.     Utilitarian Approach : setiap tindakan harus menurut pada konsekuansinya. Oleh alasannya itu dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang sanggup member manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
2.     Individu Ringhts Approach : Setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya mempunyai hak dihindari apabila diperkirakan akan mengakibatkan terjadi benturan dengan hake rang lain
3.     Justice approach : Para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam mermberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.

0 Response to "Artikel Aturan Bisnis Dan Moral Aturan Bisnis By Nama : Istianah Nim : 11 0201 0186"

Total Pageviews