RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SMA …………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | XI / Genap |
Tahun Pelajaran | : | 2018 / 2019 |
Materi Pokok | : | Karya Ilmiah |
Alokasi Waktu | : | 4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit |
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.14.1. Menentukaninformasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. 3.14.2. Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. | 4.14.1. Mempresentasikanmenanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. 4.15. Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.15.1. Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah. 3.15.2. Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. | 4.15.1. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan memakai model pembelajaran sintesis pedagoge genre, problem based learning dan CLIL, akseptor didik sanggup memilih informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca, merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah, mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah, menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan, dan mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilai karya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta sanggup bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Karya Ilmiah
· isi dalam karya ilmiah;
Konsep
Unsur Kebahasaan
· unsur-unsur karya ilmiah
· kebahasaan karya ilmiah
Prinsip
Fungsi Sosial
· tujuan dan esensi karya ilmiah; d
· penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
· kalimat baku
Prosedur
Sturktur
· membuat karya ilmiah.
· menyusun karya ilmiah
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : unsur kebahasaan proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi unsur-unsur karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi unsur-unsur karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur-unsur karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi unsur-unsur karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi unsur-unsur karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi unsur-unsur karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah unsur-unsur karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana unsur-unsur karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi unsur-unsur karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi unsur-unsur karya ilmiah mencatat semua informasi wacana materi unsur-unsur karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi unsur-unsur karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : unsur-unsur karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : unsur-unsur karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi unsur-unsur karya ilmiah yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan wacana unsur-unsur karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran unsur-unsur karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran unsur-unsur karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 2 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : unsur-unsur karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi isi dalam karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi isi dalam karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi isi dalam karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi isi dalam karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi dalam karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi isi dalam karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi isi dalam karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi isi dalam karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan isi dalam karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah isi dalam karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah isi dalam karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana isi dalam karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi isi dalam karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi isi dalam karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi isi dalam karya ilmiah mencatat semua informasi wacana materi isi dalam karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi isi dalam karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi isi dalam karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi isi dalam karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi isi dalam karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi dalam karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : isi dalam karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi dalam karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : isi dalam karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi dalam karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi isi dalam karya ilmiah yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi dalam karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan wacana isi dalam karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi dalam karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran isi dalam karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi dalam karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran isi dalam karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 3 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : isi dalam karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi tujuan dan esensi karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi tujuan dan esensi karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi tujuan dan esensi karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi tujuan dan esensi karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi tujuan dan esensi karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi tujuan dan esensi karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi tujuan dan esensi karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan tujuan dan esensi karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah tujuan dan esensi karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah tujuan dan esensi karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana tujuan dan esensi karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi tujuan dan esensi karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi tujuan dan esensi karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi tujuan dan esensi karya ilmiah mencatat semua informasi wacana materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi tujuan dan esensi karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi tujuan dan esensi karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : tujuan dan esensi karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : tujuan dan esensi karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi tujuan dan esensi karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang tujuan dan esensi karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan wacana tujuan dan esensi karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 4 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : tujuan dan esensi karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi membuat karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi membuat karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi membuat karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi membuat karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi membuat karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi membuat karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi membuat karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi membuat karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan membuat karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah membuat karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah membuat karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana membuat karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi membuat karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi membuat karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi membuat karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi membuat karya ilmiah mencatat semua informasi wacana materi membuat karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi membuat karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi membuat karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi membuat karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi membuat karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi membuat karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : membuat karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi membuat karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : membuat karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi membuat karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi membuat karya ilmiah yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang membuat karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan wacana membuat karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi membuat karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi membuat karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran membuat karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran membuat karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran membuat karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran membuat karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran membuat karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran membuat karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 5 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : membuat karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi kebahasaan karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi kebahasaan karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kebahasaan karya ilmiah Ø pemberian contoh-contoh materi kebahasaan karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi kebahasaan karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi kebahasaan karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi kebahasaan karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kebahasaan karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah kebahasaan karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah kebahasaan karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana kebahasaan karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi kebahasaan karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi kebahasaan karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi kebahasaan karya ilmiah mencatat semua informasi wacana materi kebahasaan karya ilmiah yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi kebahasaan karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi kebahasaan karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : kebahasaan karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kebahasaan karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : kebahasaan karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kebahasaan karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi kebahasaan karya ilmiah yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan karya ilmiah
- Menjawab pertanyaan wacana kebahasaan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran kebahasaan karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kebahasaan karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 6 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : kebahasaan karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi kalimat baku
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi kalimat baku “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kalimat baku Ø pemberian contoh-contoh materi kalimat baku untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi kalimat baku dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi kalimat baku oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi kalimat baku, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi kalimat baku yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kalimat baku? Ø Terdiri dari apakah kalimat baku tersebut? Ø Seperti apakah kalimat baku tersebut? Ø Bagaimana kalimat baku itu bekerja? Ø Apa fungsi kalimat baku? Ø Bagaimanakah materi kalimat baku itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kalimat baku yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi kalimat baku yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kalimat baku yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kalimat baku yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi kalimat baku mencatat semua informasi wacana materi kalimat baku yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi kalimat baku sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi kalimat baku dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi kalimat baku yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kalimat baku yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kalimat baku
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : kalimat baku, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kalimat baku berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : kalimat baku
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kalimat baku dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi kalimat baku yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kalimat baku
- Menjawab pertanyaan wacana kalimat baku yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kalimat baku yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kalimat baku yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran kalimat baku yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kalimat baku yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kalimat baku.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kalimat baku
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran kalimat baku kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kalimat baku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 7 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : kalimat baku
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) Ø pemberian contoh-contoh materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) ? Ø Terdiri dari apakah penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) tersebut? Ø Seperti apakah penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) tersebut? Ø Bagaimana penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) itu bekerja? Ø Apa fungsi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) ? Ø Bagaimanakah materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) mencatat semua informasi wacana materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) , antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Menjawab pertanyaan wacana penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) .
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 8 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, adalah : penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi menyusun karya ilmiah.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi menyusun karya ilmiah. “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi menyusun karya ilmiah. Ø pemberian contoh-contoh materi menyusun karya ilmiah. untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi menyusun karya ilmiah. dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi menyusun karya ilmiah. oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi menyusun karya ilmiah., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi menyusun karya ilmiah. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan menyusun karya ilmiah.? Ø Terdiri dari apakah menyusun karya ilmiah. tersebut? Ø Seperti apakah menyusun karya ilmiah. tersebut? Ø Bagaimana menyusun karya ilmiah. itu bekerja? Ø Apa fungsi menyusun karya ilmiah.? Ø Bagaimanakah materi menyusun karya ilmiah. itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan akseptor didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi menyusun karya ilmiah. mencatat semua informasi wacana materi menyusun karya ilmiah. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi menyusun karya ilmiah. sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi menyusun karya ilmiah. dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi menyusun karya ilmiah. yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi menyusun karya ilmiah. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan derma pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyusun karya ilmiah.
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : menyusun karya ilmiah., antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi menyusun karya ilmiah. berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : menyusun karya ilmiah.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi menyusun karya ilmiah. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi menyusun karya ilmiah. yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang menyusun karya ilmiah.
- Menjawab pertanyaan wacana menyusun karya ilmiah. yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi menyusun karya ilmiah. yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran menyusun karya ilmiah. yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah. yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah..
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran menyusun karya ilmiah.
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah. kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran menyusun karya ilmiah. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. | Hari/Tanggal | Sikap/Perilaku | Ket. |
Positif | Negatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan : …………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal |
Nama Peserta Didik : …………...........................................…….. Kelas : …………...........................................…….. Aspek yang diamati : …………...........................................……..
No | Hari/tanggal | Kejadian | Keterangan / Tindak Lanjut | 1 |
|
|
| …. |
|
|
| Nilai jurnal memakai skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian (lihat lampiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan (lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku akseptor didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan balasan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapat penilaian
Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (lihat lampiran)
Membuat sketsa sekolah, jadwal acara sekolah, dll
- Penilaian Produk (lihat lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan akseptor didik, menyerupai catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………., …………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………. ………….
UNDUH FILE WORD RPP KARYA ILMIAH KLIK https://drive.google.com/open?id=1__BqNSZC6i2KGHFdLF1ElHvG6xHJ0RhP
0 Response to "Rpp Teks Karya Ilmiah Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi"