Berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi | Indikator Soal | No |
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA | ||
Memaknai istilah/kata | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut. | 1. |
Mengidentifikasi warta tersurat | Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. | 2. |
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan wacana isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat. | 3. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut. | 4. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan wacana isi teks. | 5. | |
Menemukan wangsit pokok | Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih wangsit pokok paragraf tersebut. | 6. |
Menemukan inti kalimat | Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut dengan tepat. | 7. |
Menentukan makna rujukan | Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh pola tersebut dengan tepat. | 8. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat. | 9. |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 10. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 11. | |
Menentukan kalimat utama | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat. | 12. |
Menentukan kalimat penjelas | Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, penerima didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama | 13. |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat. | 14. |
Mengomentari isi teks | Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih kalimat evaluasi terhadap isi teks dengan tepat. | 15. |
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA | ||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat. | 16. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat. | 17. | |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat. | 18. | |
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan sebait gurindam, penerima didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat | 19. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat. | 20. | |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya ialah konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat. | 21. |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 22. | |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat. | 23. | |
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat | 24. |
Membuktikan tamat dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 25. |
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat. | 26. | |
Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat. | 27. | |
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat. | 28. |
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut | 29. | |
Meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 30. |
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Disajikan teks berisi gambaran insiden yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi serpihan yang rumpang dengan ungkapan yang tepat | 31. |
Disajikan teks berisi gambaran insiden yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi serpihan yang rumpang dengan peribahasa yang tepat | 32. | |
Melengkapi unsur teks eksposisi | Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat tamat untuk melengkapinya dengan tepat. | 33. |
Melengkapi unsur teks deskripsi | Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat. | 34. |
Melengkapi unsur teks argumentasi | Disajikan sebuah kalimat pendapat wacana sesuatu, penerima didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung) | 35. |
Melengkapi unsur teks ulasan | Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi serpihan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 36. |
Melengkapi teks prosedur | Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 37. |
Melengkapi paragraf Induktif | Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat tamat yang padu untuk melengkapinya | 38. |
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) | Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik serpihan isi dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya | 39. |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 40. | |
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) | Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), penerima didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu | 41. |
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama | Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 42. |
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 43. | |
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat. | 44. | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah | Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 45. |
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 46. |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali karakter k, p, t, s), penerima didik sanggup memilih kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya | 47. |
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, penerima didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya | 48. | |
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), penerima didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya. | 49. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, penerima didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat. | 50. |
Memperbaiki kesalahan paragraf | Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), penerima didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya. | 51. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, penerima didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya | 52. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat | 53. |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) | Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan karakter kecil semua), penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku | 54. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi. | 55. | |
Menggunakan tanda baca | Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, penerima didik sanggup memilih kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya | 56. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat. | 57. |
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya | 58. | |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan dengan tepat. | 59. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima didik sanggup memilih kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut | 60. |
CATATAN: SOAL UJI COBA/UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN SESUAI KISI-KISI UJI COBA UN SEBAGAI BERIKUT
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN SESUAI KISI-KISI UJI COBA UN SEBAGAI BERIKUT
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan makna istilah
3. Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan/ Menentukan isi paragraf dg kata tanya mengapa/bagaimana
5. Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan wangsit pokok paragraf
7. Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan kalimat yang memakai kata tidak baku
9. Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi/ Menentukan isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)
11. Menentukan opini penulis pada tajuk rencana
12. Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan kata rujukan/acuan
14. Menentukan persamaan perbedaan isi dua teks ulasan/artikel
15. Menentukan inti kalimat pada kalimat luas/majemuk
16. Menentukan makna kata berlambang
17. Menentukan kalimat bermajas
18. Menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh
19. Menentukan latar (suasana, waktu, tempat)
20. Menentukan konflik/masalah cerita
21. Menentukan kalimat yang menunjukkan tabiat tokoh
22. Menentukan nilai –nilai dalam cerpen
23. Menentukan amanat cerpen
24. Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu
30. Menentukan kalimat argumenntasi yang logis untuk mendukung pendapat
31. Menyusun kalimat tamat paragraf
32. Menentukan peribahasa yang sempurna sesuai ilustrasi/narasi
33. Menentukan ungkapan yang sempurna sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi paragraf induktif
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun kalimat esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat tamat / 42. Kalimat padu untuk memperbaiki pada paragraf yang kalimatnya rancu/tidak padu
43. Menggunakan frasa adjektiva untuk memperbaiki pada paragraf deskripsi
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menentukan kalimat yang salah tanda baca pada beberapa kalimat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
1. Kalimat Resensi Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
4. Konflik dalam Cerpen Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
4. Konflik dalam Cerpen Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik /search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017
0 Response to "Kisi-Kisi Soal Uji Coba Un 2019 Sma/Ma Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"