Latest News

Contoh Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2006 Disertai Kunci Jawaban


SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006
BACA JUGA:
1. INDIKATOR SOAL/KISI-KISI SOAL USBN KLIK  /search?q=contoh-indikator-soal-usbn-bahasa

2. SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 KLIK  /search?q=contoh-indikator-soal-usbn-bahasa

I.     PILIHAN GANDA

1.      (1) Banyak situs bersejarah di wilayah Kalimantan Timur tidak terawat. (2) Bahkan, terdapat sejumlah situs purbakala telah hancur akhir penggalian tambang watu bara, emas, minyak, dan ulah sebagian masyarakat yang tidak bertanggung jawab. (3) Padahal, benda purbakala tersebut mempunyai nilai historis yang sangat tinggi. (4) Situs-situs ini Disajikan kutipan berita, siswa sanggup menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi informasi tersebut mempunyai banyak sekali bentuk, nilai, dan jenis. (5) Hal itu menandai adanya masyarakat zaman batu.

Makna purbakala dalam paragraf tersebut ialah ….
A. Berhubungan dengan zaman purba
B. Barang-barang antik
C. Peninggalan orang dahulu kala
D. Sesuatu yang kuno
E. Jenis dan bentuk kuno

2.      Bayi harus memperoleh gizi dan nutrisi yang baik semenjak dalam kandungan. Kebutuhan gizi dan nutrisi bayi semakin disempurnakan hingga usia lima tahun. Pertumbuhan organ tubuh, terutama otak sangat didukung oleh perembesan gizi dan nutrisi. Bayi yang tidak memperoleh
gizi dan nutrisi yang baik pada usia itu akan menghambat pertumbuhannya. Anak yang gemuk bukan merupakan penanda tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi. Sebaliknya, anak yang kurus tidak berarti kekurangan gizi dan nutrisi. Yang harus diperhatikan ialah memastikan kebutuhan
gizi dan nutrisi sesuai dengan tinggi tubuh dan berat tubuh anak.

Mengapa gizi dan nutrisi yang baik mulai dipenuhi semenjak bayi dalam kandungan?

A.  Mendukung pertumbuhan organ tubuh dan otak bayi.
B. Pemberian gizi yang baik ialah pada usia 1 – 5 tahun.
C. Agar bayi tubuhnya menjadi gemuk dan sangat sehat.
D. Menghindari bayi jangan hingga lemah dan tidak kurus.
E. Membiasakan bayi memakan masakan yang mengandung gizi.
3.  Bacalah paragraf berikut !

(1) Sirene sebagai pecahan dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan   teknologi   komunikasi satelit dan GSM. (2)   Begitu ada gempa,sensor yang dipasang pada sirene akan memperlihatkan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami, sirene pribadi dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.

Kalimat yang berisi fakta ialah nomor....

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

4. Bacalah paragraf berikut !

       Pada kala modern ini televise telah menjadi salah satu media penyiaran paling diminati masyarakat. Televisi berkembang sedemikian pesat sehingga acara siarannya pun telah beragam. Televisi menyiarkan tayangan berafiliasi dengan aspek kehidupan manusia, menyerupai politik,criminal,ekonomi,budaya,sosial,bahkan hiburan. Tayangan-tayangan ini menjadikan televisi sebagai media penyiaran paling lekat dengan manusia. Televisi seakan menjadi kebutuhan utama . Televisi telah menjadikan lebih banyak didominasi masyarakat menjadi konsumtif akan segala tayangan yang disuguhkannya. Sikap konsumtif masyarakat mengakibatkan semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan terbaik.

Isi pokok paragrapf tersebut ialah ….

A.        Televisi menayangkan tayangan politik,criminal, ekonomi, budaya, sosial bahkan hiburan

B.        Televisi menjadi salah satu media penyiaran paling diminati masyarakat pada kala modern

C.        Tayangan televisi menjadi patokan masyarakat bersikap konsumtif

D.       Sikap konsumtif masyarakat mengakibatkan semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan terbaik

E.         Program siaran televisi lebih bermacam-macam daripada acara siaran radio
5. Bacalah paragraph berikut !

       Untuk menjadi wirausaha sukses  Anda perlu menemukan peluang yang tepat. Peluang usaha sanggup diperoleh di mana-mana. Anda hanya tinggal menentukan dan menentukan. Tentukan jenis usaha yang Anda sukai dan sesuai dengan bidang anda. Dengan demikian,Anda sanggup mempunyai dasar dalam bidang tersebut.

1) Anda harus mempelajari dahulu dan mencari informasi pemanis mengenai peluang usaha yang telah Anda pilih.2) Anda harus mempelajari seluk –beluk usaha tersebut.3) Selain itu, Anda harus lebih banyak kepada orang yang telah membuka usaha menyerupai yang Anda pilih. 4) Anda harus tahu masalah-masalah  apa saja yang menjadi kendala usaha yang Anda pilih. 5) Anda juga harus tahu cara untuk menuntaskan kendala tersebut.
Ide pokok paragraF pertama dalam kutipan bacaan di atas ialah ….

A.      Seorang wirausaha sukses harus selalu memahami peluang usaha yang ada di sekitarnya.

B.       Pemilihan usaha harus sesuai dengan kesukaan dan talenta orang yang akan memulai usaha.

C.       Peluang usaha ada di mana-mana dan sanggup diperoleh setiap ketika oleh orang yang mau berusaha.

D.      Peluang usaha dipilih sesuai dengan talenta sehingga  wirausaha bisa membuatkan usahanya.

E.       Menemukan peluang usaha yang tepat merupakan langkah penting menjadi wirausaha sukses.

6.  Pada salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan insiden di atas Hotel Yamato.

Inti kalimat tersebut ialah ....

A. siswa tercengang

B. menonton adegan

C. adegan peristiwa

D. siswa menonton

E. salah satu adegan

7. Cermati kutipan teks berikut!

Satpol PP    :    “Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah akan menggusur wilayah ini.”
Warga         :    “Loh kok, pemerintah tidak memberitahukan informasinya terlebih dahulu bahwa wilayah ini akan digusur.”
Satpol PP    :    “Memang begitu Pak, katanya tidak perlu diberitahukan kepada warga terlebih dahulu. Jadi, sekali lagi maaf ya Pak.”
Warga         :    “Kalau begitu tidak bisa Pak, kami bakalan mencegah semua kegiatan penggusuran, hingga kami mendapat tempat tinggal gres yang bisa kami tempati.”
Satpol PP    :    “Oo, ya sudah, kami akan tiba kembali bila semua warga sudah mendapat tempat tinggal.”
Warga         :    “Oke, terima kasih Pak.”       


         Hal yang disepakati dalam kutipan teks obrolan tersebut ialah ....

A.    penggusuran wilayah

B.    pemberian tempat tinggal baru

C.    pergantian wilayah/lahan

D.    penundaan penggusuran wilayah

E.    warga menolak penggusuran

8. Cermati kutipan novel berikut!

Di sini Djepris tidak bisa berbicara sepatah kata pun. Dan Controlaur membisu sebentar kemudian berkata lagi. “Tuan berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?”
“Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa Regeering tidak menciptakan sekolahan yang secukupnya untuk orang Jawa atau orang Hindia. Sedang semua orang tahu, bila tanah Hindia itu yang membikin kaya tanah kita, Nederland.”

    
Rangkuman yang tepat menurut kutipan tersebut ialah …

A. Penjajah Belanda telah berperilaku baik kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.

B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah Jepang yaitu menciptakan orang Jawa menjadi bodoh.

C. Belanda dan Jepang sengaja menciptakan orang Jawa bodoh.

D. Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.

E.  Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa badannya kotor dan bodoh. Padahal tanah Hindialah yang menciptakan Belanda kaya.

9.  Bacalah paragraf berikut !
Minyak bumi ialah sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia ketika ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…

A.    Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.

B.     Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.

C.     Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.

D.    Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.

E.     Cadangan minyak mentah selalu tersedia.
10. Bacalah teks beikut

Teks 1

Tenaga kerja yang diharapkan dalam persaingan bebas ialah tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang pandai ialah tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya bisa menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan semoga diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian ialah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.

Teks 2

Salju yang turun dari langit memperlihatkan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan elok dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim subtropis dan sedang ini. Inilah animo dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.

Perbedaan teks 1 dan 2 tersebut adalah


Teks 1
Teks 2
A
Kalimat utama di awal paragraf
Kalimat utama di final paragraf
B
Kalimat utama di final paragraf
Kalimat utama di awal paragraf
C
Kalimat utama di awal paragraf
Kalimat utama di tengah paragraf
D
Kalimat utama di tengah paragraf
Kalimat utama di awal paragraf
E
Kalimat utama final paragraf
Kalimat utama di tengah paragraf

11.  Kedua kutipan paragraf berikut untuk soal nomor 11 dan 12.

Teks 1

Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja. Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah maritim Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.

Teks ll

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat mempunyai potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat populer dengan wisata

bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman tanaman dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Persamaan kedua teks tersebut adalah

A. membahas film Edis Paradise 3

B. membahas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat

C. membahas keragaman tanaman dan fauna Raja Ampat

D. membahas objek wisata Raja Ampat

E.  membahas pusat segitiga karang dunia
12. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut ialah .


Teks 1
Teks 2
A
Diawali unsur kapan
Diawali unsur siapa
B
Diawali unsur apa
Diawali unsur di mana
C
Diawali unsur bagaimana
Diawali unsur mengapa
D
Diakhiri unsur bagaimana
Diakhiri unsur apa
E
Diakhiri unsur di mana
Diakhiri unsur siapa

13. Cermati puisi berikut ini!

Sepuluh November

Saat itu

Api yang aben dadamu

Mengukuhkan semangat juangmu

Saat ini

Meskipun jasmanimu cacat

Jiwamu, pahlawan

Memihak yang benar

…..

Makna kata yang di cetak tebal dalam puisi di atas ialah . . . .
A. semangat

B.   Kemarahan

C.   Cita-cita

D.  perjuangan

E.   Emosi

14. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!

Shang Hai

ping di atas pong

pong di atas ping

ping ping bilang pong

pong pong bilang ping

mau pong? bilang ping

mau mau bilang pong

mau ping? bilang pong

mau mau bilang ping

ya pong ya ping

ya ping ya pong

tak ya pong tak ya ping

ya tak ping ya tak pong

sembilu jarakMu merancap nyaring

     karya dari  Sutardji Calzoum Bachri. 

Ciri yang menonjol puisi di atas adalah....

A.      Seringkali menyatukan beberapa kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa asing ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.

B.       Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau kelompok kata sehingga menciptakan puisi ini tidak wajar

C.       Kekerasan/kemerduan suara sangat diperhatikan

D.      Seringkali memamaki idiom-idiom yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim

E.       Banyak terjadi kemacetan bunyinya, dan nyaris tidak sanggup dibaca dikarenakan kadang hanya tampak tanda tanya yang disejajarkan

15. Muharam tak rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium dandang bocor dan banyak sekali peralatan dapur sehingga ia ialah kesayangan ibu-ibu terusik gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek teman-temannya   di sekolah. Muharam sendiri jengkel karena nama itu selalu mengingatkannya pada insiden tragis panjat pinang dulu, dan ia aib seisi kampung sekarang tahu ia buta huruf. Julukan Muharam Buku Gambar telah membunuh karakter.Maka ketika ada acara Paket A untuk membasmi buta abjad warga republik usia berapa pun, Muharam kontan mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.

Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut ialah . . . .

  1. Mengikuti acara Paket A untuk membasmi buta huruf
  2. Teringat insiden tragis panjat pinang di kampungnya dulu
  3. Rasa aib Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena ia buta huruf
  4. Menegur orang-orang yang telah menghina harga dirinya
  5. Anaknya aib terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las

16. “Ayo! Keluarkan teluhmu untuk mengalahkan kami!” teriak orang-orang itu.

“Dia hanya berani menyerang lewat belakang. Dia tidak berani karena kita bersatu.” Paradji hanya diam. Dia tidak mengerti mengapa siksaan ini diterimanya. Ditutupkannya matanya, bayangan tangis Nastiti terdengar dengan wajah sendu kehilangan. Suaminya meninggal sore itu. Sebuah penyakit asing menyerangnya. Paradji-lah pelakunya, pikir Nastiti. Pertama-tama Nastiti hanya bergumam sendiri dalam histeris kehilangan suaminya, lalu perkataannya semakin jelas. “Pa ra dji . . .,” katanya setangah berbisik. “Apa Nastiti?” tanya ibu-ibu lain yang berusaha menenangkan Nastiti. “Pa rad ji . . . Paradji . . . PARADJI!” teriak Nastiti akhirnya. “Kenapa Paradji?” “Suamiku disantet Paradji!” dan perkataannya didengar para lelaki di kampung hingga menyebabkan mereka berbondong-bondong menuju timur perbatasan dusun, mengganggu Paradji hingga tak bisa konsentrasi membantu persalinan ibu muda.

Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut ialah . . .

A.    Paradji membantu persalinan seorang ibu muda

B.     Keanehan penyebab meninggalnya suami Nastiti

C.     Paradji dituduh meneluh suami Nastiti

D.    Orang-orang kampung menyerbu rumah Paradji

E.     Paradji disiksa dan diseret orang-orang kampong

17.   Bacalah penggalan hikayat berikut.

Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai  Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Setelah Begawan Batara Narada dan Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja tiba mendapat mayit Raden Samba Perwira, maka ia pun memberi  hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “ apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini tiba kepada hamba?”

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut ialah ….

A.    Orang renta yang sangat menyayangi anaknya

B.     Cinta anak kepada orang tua

C.     Ketaatan kepada kedua orang renta

D.    Ketaatan kepada pemimpin

E.     Kepatuhan harus dijunjung tinggi
18. Bacalah teks berikut.

Teks 1

Untuk pergi gotong royong ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya, memasuki hutan, dan mendaki gunung-gunung sungai yang tak sanggup dilalui dengan bahtera karena penuh dengan watu besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya turun dari gunung-gunung. Tapi ....

Teks 2

Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka  pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, kemudian bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya  dan yang betina itu elok rupanya.”  maka dihunusnya pedangnya, kemudian diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus ekornya sedikit.

Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut ialah …


Teks 1
Teks 2
A
Bertema kemasyarakatan
Bertema istana sentris
B
Bahasa melayu lama
Bahasa Indonesia baku
C
Menceritakan problem kemustahilan
Menceritakan keseharian
D
Sudut pandang orang pertama
Sudut pandang orang ketiga
E
Menggunakan alur maju
Menggunakan alur mundur


19. Cermati kutipan dongeng berikut!

“Tuan seorang anak tunggal obat jerih pelerai demam, tangkai hati mainan mata, tempat bersandar tubuh payah, haus tempat minta air, lapar tempat minta nasi kepada ayah dan bunda Tuan.” Jangan Tuan banyak bicara tak guna cakap diperpanjang, tak ada orang mendengarkan, elok berkata supaya senang perhatian. Pada pendapat perasaan entah karena hamba bodoh, ke mana intan disuruhkan cahayanya tinggal cemerlang, kilat tak hilang dalam lumpur tak pudar dalam perlembahan.”
                                                                                                     (Cerita Putri Seri Laut)


         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan pada kutipan dongeng tersebut ialah ...

A.    Cerita Putri Seri Laut tidak mengandung amanat yang berkhasiat untuk pembaca.

B.    Tokoh yang ditampilkan dalam dongeng tersebut tidak berwatak sehingga membosankan.

C.    Isi dongeng sulit dipahami karena bahasanya sarat dengan ungkapan dan peribahasa.

D.    Cerita Putri Seri Laut memakai latar yang tidak mendukung situasi.

E.    Bahasa yang diungkapkan oleh para pelaku sangat tidak tepat strukturnya.
          

20. Bacalah dua teks pantun!


Teks I
Teks 2
Peri tulang di tengah lautan
Letih mencari jalan ke luar
Daripada kita keluyuran
Lebih baik kita belajar
Jalan-jalan ke pasar baru
Beli sepatu buatan Indonesia
Jangan mitra ragu-ragu
Tanya dulu kalau suka


         Perbedaan maksud pantun tersebut ialah ….
        


Teks pantun 1
Teks pantun 2
A.
Menasihati semoga mencar ilmu dan jangan bermain.
Mengijinkan seseorang untuk berbuat apa saja.
B.
Mengingatkan bahwa bermain itu merugikan diri.
Melarang seseorang semoga tidak mengambil  barang  tanpa ijin.
C.
Menasehati seseorang semoga mencar ilmu dan melarang keluyuran.
Bila seseorang tampak menyukai sesuatu hendaklah diberikan saja kepada orang tersebut.
D.
Bahwa hidup ini selalu dimanfaatkan untuk menimba ilmu.
Saling memberi sesama ialah perbuatan yang sangat terpuji.
E.
Bermain boleh, tetapi jangan keluyuran ke mana-mana.
Apa yang kita sukai / punyai, berikan kepada orang dengan ikhlas.

21. Perhatikan kutipan cerpen berikut.

     (1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia hanya terus memandangi hujan dengan mata birunya yang elok.  (4) Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, kau bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel balasannya menoleh, tetapi tidak menjawab….

(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)

Bukti tabiat Angel yang dingin terletak pada kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (3) dan (4)

C. (5) dan (6)

D. (2) dan (4)

E. (2) dan (6)

22. Bacalah kutipan dongeng rakyat berikut!

Pada zaman dahulu di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah pria yang gagah perkasa. Laki-laki itu berjulukan Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga mempunyai kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh insan biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon pertolongan Batara Puyanggana ini dengan cara memperlihatkan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.

Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturunan Batara, ia mempunyai tingkah laris yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya ialah sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan berubah menjadi menjadi pria gagah. Setelah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi.

Keterkaitan isi dongeng rakyat dengan kehidupan ketika ini dalam kutipan tersebut ialah . ,.

A.    Seseorang yang menggantungkan ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.

B.    Seseorang yang puas dengan hasil kerja kerasnya dan hasil keringatnya sendiri.

C.    Seseorang yang mempunyai sifat iri dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.

D.    Seseorang yang diusir dari keluarganya karena mempunyai kesaktian menyesatkan.

E.    Seseorang yang memperlihatkan sesajen kepada orang yang mempunyai tubuh gagah perkasa.

23. Perhatikan paragraf berikut!

Sepanjang Pantura mengalami abrasi pantai, bahkan ada yang merncapai 1,6 km dari    garis terluar pantai. Keadaan itu memang bukan lagi ancaman, melainkan sudah terjadi kerusakan. Penyebab pengikisan berat di Pantura, diantaranya pertambakan dan alih fungsi lahan mangrove sehingga mempercepat proses kerusakan pantai tersebut.

Disadur dari: http://www.pikiran –rakyat.com/,20 Oktober 2016

Kata abrasi dalam paragraf tersebut mempunyai persamaan kata…

  1. longsor
  2. runtuh
  3. kerusakan
  4. pengikisan
  5. pendangkalan

24. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

(1) Setelah itu dibilas hingga higienis dengan air biasa.
(2) Perlu diingat, jangan mencuci batik dengan deterjen.
(3) Merawat kain batik agak sulit alasannya ialah bila salah rawat warnanya cepat memudar.
(4) Jika diperlukan, gunakan sabun klerak sebagai pengganti deterjen.
(5) Keringkan di tempat yang teduh dan setrika tidak terlalu panas.
(6) Agar warnanya tetap bagus, sebelum kain dicuci, rendam dengan air kelapa selama kurang lebih dua jam.


         Urutan kalimat yang tepat semoga menjadi paragraf proses yang padu ialah ….

A.    (2), (3), (4), (5), (1), dan (6)

B.    (2), (4), (6), (1), (3), dan (5)

C.    (3), (2), (1), (5), (6), dan (4)

D.    (3), (6), (1), (4), (5), dan (2)

E.    (3), (6), (2), (4), (1), dan (5)  

25. Cermati teks berikut!

Sejak kecil saya gemar menari. Aku sering diajak ayah ke sanggar tarinya. … Di samping itu ayah mengajariku perihal kesabaran dan disiplin dalam hal menari. Karena itu, saya berhasil menjadi salah seorang penari nasional.


         Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut ialah ...

A.    Tidak jarang ayah mengajariku menari bersama murid-muridnya.

B.    Ayah begitu sayang terhadap anak dan saudaranya.

C.    Ayahku mempunyai sifat lembut dan menyayangi sepenuh hati.

D.    Jarang sekali ayah mengungkapkan kekesalan terhadap murid-muridnya.

E.    Murid-murid ayah merasa senang diajari menari dengan penuh perhatian.

26. Cermati kutipan anjuran berikut!

Cermati topik berikut!

Topik : Mengatasi penyusutan areal pertanian

Kalimat rumusan problem yang sesuai dengan topik tersebut ialah ...

A. Mengapa areal pertanian banyak dijadikan daerah industri?

B. Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?

C. Siapa yang mengakibatkan susutnya areal pertanian di desa-desa?

D. Berapa banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini?

E. Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?

27. Cermati pernyataan berikut!

(1)   Siapkan blender.
(2)   Masukkan buah strawberi ke dalam blender.
(3)   Masukkan air dan es watu dan gula secukupnya
(4)   Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tercampur.
(5)   Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas.
(6)   Jus strawberi yang di dalam gelas, siap dihidangkan.


         Konjungsi pada kalimat (5) sanggup divariasikan dengan konjungsi ....

A.    seketika

B.    jadi

C.    sementara

D.    apabila

E.    selanjutnya

28. Cermati paragraf berikut ini !

  Andini tidak disukai teman-temannya. Apapun hal yang dilakukan teman-

  temannya selalu dicelanya. Selalu ada kekurangannya. Padahal, Andini sendiri kalau

  mengerjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, Andini tidak pernah

  merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur Andini  “............”. Walaupun

  begitu Andini tetap merasa dirinya tidak bersalah.

  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ....

A.  Kuman di seberang lautan tampak , gajah di pelupuk mata tak tampak.

B.   Dalam maritim sanggup diduga , dalam hati tiada yang tahu.

C.   Berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan mulut.

D.  Kilat mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.

E.   Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.

29. Rindu ini membeku

[…]

Rindu yang tak pernah usai

Meski laju putaran waktu

Bergulir tak kenal henti

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut ialah ....

A. Hentikan asa kehidupan

B. Pemandangan alam indah

C. Rembulan tampak penuh

D. Mentari di balik bukit pohon teh

E. Bagai salju di kutub utara
30. . Bacalah paragraf berikut!

(1)Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang juga dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ialah membuatkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Pengembangan kreativitas sangat penting  terlihat dari bergesernya  peran guru. (3) Dahulu, guru sering mendominasi kelas, tetapi sekarang guru harus  lebih banyak memberi kesempatan  kepada siswa untuk berperan  lebih aktif dan kreatif. (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa  akan sulit bila fisik dan psikis   mereka dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa sanggup tumbuh  dan berkembang dengan baik apabila  ligkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah turut menunjang.

Kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor ....

A.  1

B.  2

C.  3

D.  4

E.   5

31. Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan berikutnya Eliza tidak hanya memberikan catatan kaki menyerupai yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.

Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas ialah ….

A.      glosarium, tehnologi, filsafat

B.       glosarium, teknologi, pilsafat

C.       glosarium, teknologi, filsafat

D.      glosarium, tehnologi, pilsapat

E.       glosarium, teknologi, filsapat
32. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW mempunyai sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi pecahan yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....

A.       dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

B.       melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan

C.       melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan

D.       melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

E.        melakukan, dijadikan, memantau, digunakan

33. Cermati teks berikut!

Di Indonesia banyak sekali terjadi intervensi sumber daya alam yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Perbuatan tersebut balasannya menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar.

        

         Istilah yang tepat untuk menggantikan istilah yang bercetak miring ialah ....

A.    reboisasi

B.    eksplor

C.    ilegal loging

D.    eksplorasi

E.    eksploitasi

34. Cermati teks berikut!

Lereng atau tebing yang curam akan memperbesar gaya pendorong. Lereng atau tebing tersebut terbentuk sehingga pengikisan oleh air sungai, mata air, air laut, dan angin. Lereng tersebut mudah longsor bahwa  musim hujan dalam keadaan  curah hujan tinggi.


         Kata penghubung (konjungsi) yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut ialah ....

A.    sebab, bahwa

B.    apabila, bahwa

C.    sehingga, karena

D.    karena, ketika

E.    apabila, maka

35. Cermati teks berikut!

(1) Melihat kondisi hutan di Indonesia sangatlah memprihatinkan. (2) Jumlahnya kian hari, kian berkurang. (3) Penebangan liar terjadi di mana-mana. Bak jamur yang tumbuh di animo hujan ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak memikirkan bahayanya di kemudian hari. (4) Contohnya, terjadi di Taman Nasional Leuser yang mengakibatkan korban harta dan korban jiwa. (5) Akibatnya, terjadi banjir dan longsor dimana-mana.


         Perbaikan kalimat tidak padu pada nomor (4) yang tepat ialah ...

A.    Mereka hanya mementingkan kepuasan pribadi.

B.    Banyak pengusaha tidak mempunyai izin penebangan.

C.    Hutan yang ditebang besar-besaran sangat berbahaya.

D.    Hutan menjadi gundul dan cuaca menjadi panas.

E.    Pemerintah memperlihatkan izin kepada mereka sangat mudah.

36. Cermati teks berikut!

Lahan transmigrasi yang disediakan oleh pemerintah belum siap diolah. Pada lahan tersebut masih banyak bongkahan kayu yang besar-besar. Rumah tempat tinggal para transmigran sangat sederhana. Sarana dan prasarana transportasi sangat tidak memadai. Lokasi transmigrasi jauh dari akomodasi umum, menyerupai sekolah dan pasar. Oleh karena itu, area transmigrasi sepi sekali.


         Kalimat yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf yang bercetak miring ialah ...

A.    Oleh alasannya ialah itu, lahan dan tempat tinggal para transmigran penuh dengan belukar dan rusak karena tidak terawat.

B.    Oleh karena itu, tidak heran kalau para transmigran menjual lahannya untuk kembali lagi ke kampung halamannya.

C.    Dengan demikian, para transmigran tidak sanggup membuatkan lahannya karena kurang tersedianya alat dan pupuk.

D.    Oleh alasannya ialah itu, daerah transmigrasi tidak ada penduduknya karena rumahnya tidak sesuai dengan cita-cita mereka.

E.    Oleh karena itu, bawah umur para transmigran tidak bisa mengenyam pendidikan sehingga mereka meninggalkan daerah tersebut.  

37. Cermati kalimat berikut!

Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku ialah ....

A.    Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau

B.     Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau

C.     Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau

D.    Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau

E.     Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau 

38. Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….

            A.      Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.

             B.      Narasumber   :  Prof. Dr. Rahmat Effendi

Pemandu        :  Abdul Gani, M.Hum.

                        Pencatat         :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.

             C.      Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.

            D.      Ibu                 : "Bawa koper ini, Nak!"

Amir   : "Baik, Bu."

                        Ibu      : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"

             E.      Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.

39. Perhatikan penggunaan abjad kapital berikut!

1)      Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.

2)      Kita mengenal banyak sekali macam gula, menyerupai Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.

3)      Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"

4)      Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri rahmat.

5)      Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
       Penggunaan abjad kapital yang salah terdapat pada kalimat ….

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

40. Besok pagi kata ia mereka akan berangkat.

Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas ialah …

A. “Besok pagi kata ia mereka akan berangkat.”

B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”

C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”

D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”

E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan berangkat.

SOAL URAIAN

Jawablah soal-soal berikut.

41. Cermatilah teks berikut

Profinsi Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai seni tradisionil yang menarik dan populair.Kekayaan budaya ini memperlihatkan kreatifitas anak bangsa di Aceh meskipun letaknya jauh dari ibu kota RI.Aceh mempunyai kultur dan seni yang  khas .Kekhasan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri .

Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak tepat pada paragraf tersebut

42. Cermati kutipan surat lamaran berikut!


Lampiran: satu berkas                                                            Boyolali, 31 Januari 2018
Hal          : Lamaran Pekerjaan                                                    

Yth. Pimpinan Perusahaan
Jalan Pahlawan
Surabaya

Dengan hormat,      
Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Republika, 25 Januari 2018, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemasaran di perusahaan Bapak. Adapun identitas saya sebagai berikut,
     nama                                   : ....
     tempat, tanggal lahir          : ....
     pendidikan                         : ....
     alamat                                 : ....

..............................................................................................................................................

..............................................................................................................................................

..............................................................................................................................................

         

Lanjutkan kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut hingga selesai. Cantumkan lampiran-lampiran yang diperlukan. Gunakan ejaan dan tanda baca dengan benar!


43. Cermatilah penggalan teks berikut.

Dalam rumahnya, Suni menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan, kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim  di emper toko. Lindungilah dari hati insan yang dingin. Hangatkan yang tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah  orang tak punya macam kami yang selalu menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”

Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung dalam penggalan dongeng tersebut !

44. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.

a.  Tugas bawah umur hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.

b.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.

Jelaskan alasan kesalahan kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga menjadi kalimat efektif.

45. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.

     a. Saya akan datang, kalau diundang.

     b. Ibu membeli kacang Bogor, nangka Belanda, dan petai Cina.

       Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia.





KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL USBN 2018

BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006

I. PILIHAN GANDA

1.      D

2.      A

3.      A

4.      B

5.      E

6.      A

7.      D

8.      D

9.      B

10.  A

11.  D

12.  B

13.  A

14.  B

15.  C

16.  B

17.  A

18.  A

19.  C

20.  B

21.  E

22.  C

23.  D

24.  E

25.  A

26.  B

27.  E

28.  A

29.  A

30.  D

31.  C

32.  D

33.  E

34.  D

35.  A

36.  B

37.  E

38.  E

39.  B

40.  B

















II. URAIAN

41.  Penulisan kata yang tidak tepat ialah profinsi, tradisionil, populair, kreatifitas

42.  Soal dari pusat

43.  watak tokoh Suni: perhatian pada rakyat kecil

cara pendeskripsian: pikiran tokoh

latar tempat: di dalam rumah

Nilai moral: Memperhatikan/peduli kepada masyarakat bawah

44.    a. Kalimat (a) Tugas bawah umur hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.

Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kesejajaran

Perbaikan: Tugas bawah umur hari ini ialah membersihkan ruang kelas, menata meja, menuntaskan PR, dan membereskan alat-alat praktik.

b. Kalimat (b) Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.

Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kelogisan

Perbaikan: Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker.

45.  a. Kalimat (a) Saya akan datang, kalau diundang

Alasan kesalahan: Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat. Tanda koma tidak digunakan bila induk kalimat mendahului anak kalimat.

Perbaikan: Saya akan tiba kalau diundang.

b. Kalimat (b)  Ibu membeli kacang Bogor, nangka Belanda, dan petai Cina.

Alasan kesalahan: Huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai nama jenis tidak ditulis dengan abjad kapital.

Perbaikan: Ibu membeli kacang bogor, nangka belanda, dan petai cina.

0 Response to "Contoh Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2006 Disertai Kunci Jawaban"

Total Pageviews