BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi | Indikator Soal | No |
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA | ||
Memaknai istilah/kata | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut. | 1. |
Mengidentifikasi informasi tersurat | Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. | 2. |
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat. | 3. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut. | 4. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi teks. | 5. | |
Menemukan wangsit pokok | Disajikan paragraf padu, penerima didik sanggup memilih wangsit pokok paragraf tersebut. | 6. |
Menemukan inti kalimat | Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut dengan tepat. | 7. |
Menentukan makna rujukan | Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh teladan tersebut dengan tepat. | 8. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Disajikan paragraf padu, penerima didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat. | 9. |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 10. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 11. | |
Menentukan kalimat utama | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, penerima didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat. | 12. |
Menentukan kalimat penjelas | Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, penerima didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama | 13. |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat. | 14. |
Mengomentari isi teks | Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat. | 15. |
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA | ||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat. | 16. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat. | 17. | |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat. | 18. | |
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan sebait gurindam, penerima didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat | 19. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat. | 20. | |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat. | 21. |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 22. | |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan yang mengatakan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat. | 23. | |
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat | 24. |
Membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 25. |
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat. | 26. | |
Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat. | 27. | |
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat. | 28. |
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut | 29. | |
Meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 30. |
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan yang tepat | 31. |
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan peribahasa yang tepat | 32. | |
Melengkapi unsur teks eksposisi | Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat final untuk melengkapinya dengan tepat. | 33. |
Melengkapi unsur teks deskripsi | Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat. | 34. |
Melengkapi unsur teks argumentasi | Disajikan sebuah kalimat pendapat perihal sesuatu, penerima didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung) | 35. |
Melengkapi unsur teks ulasan | Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 36. |
Melengkapi teks prosedur | Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 37. |
Melengkapi paragraf Induktif | Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat final yang padu untuk melengkapinya | 38. |
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) | Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bab isi dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya | 39. |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 40. | |
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) | Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), penerima didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu | 41. |
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama | Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 42. |
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 43. | |
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat. | 44. | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah | Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 45. |
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 46. |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali abjad k, p, t, s), penerima didik sanggup memilih kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya | 47. |
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, penerima didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya | 48. | |
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), penerima didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya. | 49. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, penerima didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat. | 50. |
Memperbaiki kesalahan paragraf | Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), penerima didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya. | 51. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, penerima didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya | 52. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat | 53. |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) | Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil semua), penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku | 54. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi. | 55. | |
Menggunakan tanda baca | Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, penerima didik sanggup memilih kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya | 56. |
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat. | 57. |
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya | 58. | |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan dengan tepat. | 59. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima didik sanggup memilih kesalahan penggunaan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut | 60. |
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019
I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. memaknai istilah/kata dalam paragraf
2. mengidentifikasi informasi tersurat
a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf
b. mengidentifikasi balasan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana
c. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menemukan wangsit pokok
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. menemukan inti kalimat
3. menentukan makna rujukan
4. menyimpulkan isi tersirat dalam teks
a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis
b. opini penulis editorial
c. keberpihakan penulis editorial
5. menentukan kalimat utama
Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Menentukan kalimat penjelas
Soal UN 2017/2018 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
2. menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
3. membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
4. mengomentari isi teks
5. menunjukkan bukti suatu final
II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. mengartikan ungkapan
c. mengidentifikasi kalimat yang bermajas
Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. memaknai isi tersurat dalam karya sastra
a. memilih maksud gurindam
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, akhir konflik, amanat, nilai-nilai)
a. memilih konflik, alasannya konflik, akhir konflik
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. menentukan amanat
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. memilih nilai
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
2. menganalisis relasi antarbagian karya sastra
3. membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
a. Soal UN 2017/2018
b. Soal UN 2016/2017
Menentukan kalimat yang mengatakan tabiat tokoh
Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
4. mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. meringkas isi karya sastra
III. Lingkup Materi Menulis Terbatas
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
a. melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan
b. Melengkapi Paragraf dengan peribahasa
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
a. melengkapi unsur teks eksposisi
b. melengkapi unsur teks deskripsi
c. melengkapi unsur teks argumentasi
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
d. melengkapi unsur teks ulasan
1) Soal UN 2017/2018
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
e. melengkapi teks prosedur
2. melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Melengkapi larik pantun (soal UN 2016/2017)
3. menggabungkan kalimat
4. mengurutkan unsur teks
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memvariasikan kata yang bermakna sama
2. memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
3. menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
4. memvariasikan unsur teks
5. mengubah bentuk teks lain
IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Menggunakan kata ulang
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. memperbaiki kesalahan paragraf
3. menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan judul
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. penulisan nama geografi
2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan ejaan
2. menggunakan tanda baca
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
a. memperbaiki kesalahan penggunaan frasa/gabungan
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. memperbaiki penulisan kata/istilah
c. memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Soal UN 2017/2018 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
0 Response to "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Sma/Ma Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Teladan Soal, Dan Pembahasan"