Latest News

Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Sma/Ma Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Teladan Soal, Dan Pembahasan




BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah




BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata


BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.       
2.       
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut.
4.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih menjawab pertanyaan perihal isi teks.
5.       
Menemukan wangsit pokok
Disajikan paragraf padu, penerima didik sanggup memilih wangsit pokok paragraf tersebut.
6.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut  dengan tepat.
7.       
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh teladan tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu, penerima didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat.
11.   
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, penerima didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
12.   
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, penerima didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
14.   
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi  teks dengan tepat.
15.   
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
16.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
17.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat.
18.   
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, penerima didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
19.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat.
21.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
22.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan yang mengatakan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat.
23.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat
24.   
Membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
26.   
Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat.
27.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
28.   
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
29.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
30.   
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
31.   
Disajikan teks berisi gambaran kejadian yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
32.   
Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat final untuk melengkapinya dengan tepat.
33.   
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
34.   
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan sebuah kalimat pendapat perihal sesuatu, penerima didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
35.   
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
36.   
Melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf proses   yang dirumpangkan satu kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
37.   
Melengkapi paragraf Induktif
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat final yang padu untuk melengkapinya
38.   
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bab isi dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya
39.   
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
40.   
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), penerima didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu
41.   
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
42.   
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
43.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya berisi pernyataan perintah/saran, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
44.   
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
45.   
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
46.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata berimbuhannya dalam kalimat (berimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang diawali abjad k, p, t, s), penerima didik sanggup memilih kata berimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya
47.   
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, penerima didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya
48.   
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), penerima didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya.
49.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, penerima didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
50.   
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), penerima didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya.        
51.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, penerima didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya         
52.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
53.   
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil semua), penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
54.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
55.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, penerima didik sanggup memilih kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya
56.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
57.   
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya
58.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan  dengan tepat.
59.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima didik sanggup memilih kesalahan penggunaan tanda baca  disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut           
60.   

CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL

INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019




I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    memaknai istilah/kata dalam paragraf


2.    mengidentifikasi informasi tersurat

a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf



b. mengidentifikasi balasan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana



c. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menemukan wangsit pokok



2.    menemukan inti kalimat


3.    menentukan makna rujukan



4.    menyimpulkan isi tersirat dalam teks

a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis



b. opini penulis editorial



c. keberpihakan penulis editorial



5.    menentukan kalimat utama


6. Menentukan kalimat penjelas


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks

2.    menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks


3.    membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)

4.    mengomentari isi teks



5.    menunjukkan bukti suatu final

 

II. Lingkup Materi Membaca Sastra

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

  1. mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik



b. mengartikan ungkapan


c. mengidentifikasi kalimat  yang bermajas


2.      memaknai isi tersurat dalam karya sastra 

a. memilih maksud gurindam

1) Soal UN 2017/2018  Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


b. menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

  1. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, akhir konflik, amanat, nilai-nilai)
a. memilih konflik, alasannya konflik, akhir konflik



b. menentukan amanat



c. memilih nilai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)


b. Soal UN 2016/2017  Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata  

2.      menganalisis relasi antarbagian karya sastra

3.      membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018

Bukti Latar Suasana Cerita Klik  /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yang mengatakan tabiat tokoh


Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat


4.      mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini



5.      menilai keunggulan/kelemahan karya sastra



6.      meringkas isi karya sastra





III. Lingkup Materi Menulis Terbatas

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa

a. melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan 


b. Melengkapi Paragraf dengan peribahasa 


B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.      melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

a.       melengkapi unsur teks eksposisi



b.      melengkapi unsur teks deskripsi



c.       melengkapi unsur teks argumentasi



d.      melengkapi unsur teks ulasan

1) Soal UN 2017/2018


e.       melengkapi teks prosedur



2.      melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)

a. melengkapi pantun (soal UN 2017/2018) Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

Melengkapi larik pantun (soal UN 2016/2017)


b. melengkapi teks drama (soal UN 2017/2018) Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

3.      menggabungkan kalimat


b. Soal UN 2016/2017  Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

4.      mengurutkan unsur teks

C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      memvariasikan kata yang bermakna sama

2.      memvariasikan kalimat yang bertujuan sama


3.      menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai

4.      memvariasikan unsur teks

5.      mengubah bentuk teks lain

Pengembangan Topik Cerita Soal UN 2017/2018 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.                  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah



  1. mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
  2. mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
  3. mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1. memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)



Menggunakan kata ulang
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat



2.    memperbaiki kesalahan paragraf

3.    menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf



V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

a.       penulisan judul



b.      penulisan nama geografi

1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 
2.    mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca

B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menggunakan ejaan

2.    menggunakan tanda baca


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

a.    memperbaiki kesalahan penggunaan frasa/gabungan



b.    memperbaiki penulisan kata/istilah



c.    memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan



2.    memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca


3.    menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata  

BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK  /search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

0 Response to "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Sma/Ma Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Teladan Soal, Dan Pembahasan"

Total Pageviews