RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SMA ……………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | XI / Genap |
Tahun Pelajaran | : | 2018 / 2019 |
Materi Pokok | : | Drama |
Alokasi Waktu | : | 4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit |
A. Kompetensi Inti · KI-1: Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, tempat regional, dan tempat internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.16. 3.17. 3.18. Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. 4.15. 4.16. 4.17. 4.18. Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.16. 3.17. 3.18. 3.18.1. Mendata, alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan. 3.18.2. Memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan tabiat tokoh tersebut | 4.18.1. Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.16. 3.17. 3.18. 3.19. Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. 4.15. 4.16. 4.17. 4.18. 4.19. Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.16. 3.17. 3.18. 3.19. 3.19.1. Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. 3.19.2. Merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum, tata musik, dan sebagainya. | 4.19.1. Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan memakai model pembelajaran sintesis pedagoge genre, problem based learning dan CLIL, penerima didik sanggup mendata, alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan, memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan tabiat tokoh tersebut, mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton, merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum, tata musik, dan sebagainya, menawarkan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta sanggup bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Drama
· Alur dalam drama
· Isi drama
Konsep
Unsur Kebahasaan
· Babak dalam drama
· Penokohan dalam drama
· Kebahasaan drama
Prinsip
Fungsi Sosial
· Konflik dalam drama
Prosedur
Sturktur
· Persiapan mementaskan drama.
· Pementasan drama
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : merekonstruksi resensi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi Alur dalam drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman mencar ilmu sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi Alur dalam drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi Alur dalam drama Ø pemberian contoh-contoh materi Alur dalam drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi Alur dalam drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi Alur dalam drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi Alur dalam drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi Alur dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan Alur dalam drama? Ø Terdiri dari apakah Alur dalam drama tersebut? Ø Seperti apakah Alur dalam drama tersebut? Ø Bagaimana Alur dalam drama itu bekerja? Ø Apa fungsi Alur dalam drama? Ø Bagaimanakah materi Alur dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Alur dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Alur dalam drama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Alur dalam drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Alur dalam drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Alur dalam drama mencatat semua informasi wacana materi Alur dalam drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi Alur dalam drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi Alur dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi Alur dalam drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi Alur dalam drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Alur dalam drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : Alur dalam drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Alur dalam drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : Alur dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Alur dalam drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi Alur dalam drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Alur dalam drama
- Menjawab pertanyaan wacana Alur dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Alur dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Alur dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran Alur dalam drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Alur dalam drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Alur dalam drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Alur dalam drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Alur dalam drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran Alur dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 2 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : Alur dalam drama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi Babak dalam drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi Babak dalam drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi Babak dalam drama Ø pemberian contoh-contoh materi Babak dalam drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi Babak dalam drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi Babak dalam drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi Babak dalam drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi Babak dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan Babak dalam drama? Ø Terdiri dari apakah Babak dalam drama tersebut? Ø Seperti apakah Babak dalam drama tersebut? Ø Bagaimana Babak dalam drama itu bekerja? Ø Apa fungsi Babak dalam drama? Ø Bagaimanakah materi Babak dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Babak dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Babak dalam drama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Babak dalam drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Babak dalam drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Babak dalam drama mencatat semua informasi wacana materi Babak dalam drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi Babak dalam drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi Babak dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi Babak dalam drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi Babak dalam drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Babak dalam drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : Babak dalam drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Babak dalam drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : Babak dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Babak dalam drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi Babak dalam drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Babak dalam drama
- Menjawab pertanyaan wacana Babak dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Babak dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Babak dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran Babak dalam drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Babak dalam drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Babak dalam drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Babak dalam drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Babak dalam drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran Babak dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 3 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : Babak dalam drama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi Konflik dalam drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi Konflik dalam drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi Konflik dalam drama Ø pemberian contoh-contoh materi Konflik dalam drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi Konflik dalam drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi Konflik dalam drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi Konflik dalam drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi Konflik dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan Konflik dalam drama? Ø Terdiri dari apakah Konflik dalam drama tersebut? Ø Seperti apakah Konflik dalam drama tersebut? Ø Bagaimana Konflik dalam drama itu bekerja? Ø Apa fungsi Konflik dalam drama? Ø Bagaimanakah materi Konflik dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Konflik dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Konflik dalam drama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konflik dalam drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konflik dalam drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Konflik dalam drama mencatat semua informasi wacana materi Konflik dalam drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi Konflik dalam drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi Konflik dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi Konflik dalam drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi Konflik dalam drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konflik dalam drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : Konflik dalam drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Konflik dalam drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : Konflik dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konflik dalam drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi Konflik dalam drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Konflik dalam drama
- Menjawab pertanyaan wacana Konflik dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konflik dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konflik dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran Konflik dalam drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konflik dalam drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konflik dalam drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Konflik dalam drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konflik dalam drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran Konflik dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 4 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : Konflik dalam drama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi Penokohan dalam drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi Penokohan dalam drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi Penokohan dalam drama Ø pemberian contoh-contoh materi Penokohan dalam drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi Penokohan dalam drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi Penokohan dalam drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi Penokohan dalam drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi Penokohan dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan Penokohan dalam drama? Ø Terdiri dari apakah Penokohan dalam drama tersebut? Ø Seperti apakah Penokohan dalam drama tersebut? Ø Bagaimana Penokohan dalam drama itu bekerja? Ø Apa fungsi Penokohan dalam drama? Ø Bagaimanakah materi Penokohan dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penokohan dalam drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Penokohan dalam drama mencatat semua informasi wacana materi Penokohan dalam drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi Penokohan dalam drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi Penokohan dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi Penokohan dalam drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi Penokohan dalam drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penokohan dalam drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : Penokohan dalam drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Penokohan dalam drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : Penokohan dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penokohan dalam drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi Penokohan dalam drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Penokohan dalam drama
- Menjawab pertanyaan wacana Penokohan dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penokohan dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penokohan dalam drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran Penokohan dalam drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penokohan dalam drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penokohan dalam drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Penokohan dalam drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penokohan dalam drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran Penokohan dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 5 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : Penokohan dalam drama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi isi drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi isi drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi isi drama Ø pemberian contoh-contoh materi isi drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi isi drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi isi drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi isi drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan isi drama? Ø Terdiri dari apakah isi drama tersebut? Ø Seperti apakah isi drama tersebut? Ø Bagaimana isi drama itu bekerja? Ø Apa fungsi isi drama? Ø Bagaimanakah materi isi drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi isi drama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi isi drama mencatat semua informasi wacana materi isi drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi isi drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi isi drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi isi drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi isi drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : isi drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi isi drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : isi drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi isi drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi drama
- Menjawab pertanyaan wacana isi drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran isi drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran isi drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran isi drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 6 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : isi drama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi kebahasaan drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi kebahasaan drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kebahasaan drama Ø pemberian contoh-contoh materi kebahasaan drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi kebahasaan drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi kebahasaan drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi kebahasaan drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kebahasaan drama? Ø Terdiri dari apakah kebahasaan drama tersebut? Ø Seperti apakah kebahasaan drama tersebut? Ø Bagaimana kebahasaan drama itu bekerja? Ø Apa fungsi kebahasaan drama? Ø Bagaimanakah materi kebahasaan drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi kebahasaan drama mencatat semua informasi wacana materi kebahasaan drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi kebahasaan drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi kebahasaan drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi kebahasaan drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kebahasaan drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : kebahasaan drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi kebahasaan drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : kebahasaan drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kebahasaan drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi kebahasaan drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan drama
- Menjawab pertanyaan wacana kebahasaan drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran kebahasaan drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kebahasaan drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kebahasaan drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 7 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah : kebahasaan drama
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi Persiapan mementaskan drama.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi Persiapan mementaskan drama. “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi Persiapan mementaskan drama. Ø pemberian contoh-contoh materi Persiapan mementaskan drama. untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi Persiapan mementaskan drama. dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi Persiapan mementaskan drama. oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi Persiapan mementaskan drama., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi Persiapan mementaskan drama. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan Persiapan mementaskan drama.? Ø Terdiri dari apakah Persiapan mementaskan drama. tersebut? Ø Seperti apakah Persiapan mementaskan drama. tersebut? Ø Bagaimana Persiapan mementaskan drama. itu bekerja? Ø Apa fungsi Persiapan mementaskan drama.? Ø Bagaimanakah materi Persiapan mementaskan drama. itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Persiapan mementaskan drama. yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Persiapan mementaskan drama. mencatat semua informasi wacana materi Persiapan mementaskan drama. yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi Persiapan mementaskan drama. sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materiPersiapan mementaskan drama. dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi Persiapan mementaskan drama. yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi Persiapan mementaskan drama. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Persiapan mementaskan drama.
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : Persiapan mementaskan drama., antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Persiapan mementaskan drama. berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri :Persiapan mementaskan drama.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Persiapan mementaskan drama. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi Persiapan mementaskan drama. yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Persiapan mementaskan drama.
- Menjawab pertanyaan wacana Persiapan mementaskan drama. yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Persiapan mementaskan drama. yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Persiapan mementaskan drama. yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran Persiapan mementaskan drama. yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Persiapan mementaskan drama. yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Persiapan mementaskan drama..
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Persiapan mementaskan drama.
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Persiapan mementaskan drama. kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran Persiapan mementaskan drama. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 8 Materi : Drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, ialah :Persiapan mementaskan drama.
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi Pementasan drama
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan - Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
- Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru menawarkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi Pementasan drama “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi Pementasan drama Ø pemberian contoh-contoh materi Pementasan drama untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi Pementasan drama dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemberian materi Pementasan drama oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi Pementasan drama, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai adaptasi dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan wacana materi Pementasan drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi embel-embel wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan Pementasan drama? Ø Terdiri dari apakah Pementasan drama tersebut? Ø Seperti apakah Pementasan drama tersebut? Ø Bagaimana Pementasan drama itu bekerja? Ø Apa fungsi Pementasan drama? Ø Bagaimanakah materi Pementasan drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi Pementasan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali acuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Pementasan drama yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pementasan drama yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pementasan drama yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Pementasan drama mencatat semua informasi wacana materi Pementasan drama yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi Pementasan drama sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi tentang materi Pementasan drama dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi wacana data dari materi Pementasan drama yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi Pementasan drama yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pementasan drama
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan wacana materi : Pementasan drama, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Pementasan drama berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : Pementasan drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pementasan drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi wacana materi Pementasan drama yang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pementasan drama
- Menjawab pertanyaan wacana Pementasan drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pementasan drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pementasan drama yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran Pementasan drama yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pementasan drama yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pementasan drama.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Pementasan drama
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pementasan drama kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran Pementasan drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. | Hari/Tanggal | Sikap/Perilaku | Ket. |
Positif | Negatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal |
Nama Peserta Didik : …………...........................................…….. Kelas : …………...........................................…….. Aspek yang diamati : …………...........................................……..
No | Hari/tanggal | Kejadian | Keterangan / Tindak Lanjut | 1 |
|
|
| …. |
|
|
| Nilai jurnal memakai skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian(lihat lampiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan balasan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapat penilaian
Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat skema sekolah, jadwal acara sekolah, dll
- Penilaian Produk(lihat lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, menyerupai catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Mengetahui, …………., ………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………… …………………
…………………….. …………………
UNDUH FILE WORD RPP TEKS DRAMA KLIK
https://drive.google.com/open?id=1vPjiAaUJAceVs_MLg4n1rYBB8cxGCQhG
0 Response to "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Teks Drama"