BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MEMBACA NONSASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. memaknai istilah/kata dalam paragraf
Indikator Soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima asuh sanggup makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
a. Soal UN 2017/2018 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2. mengidentifikasi informasi tersurat
a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima asuh sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. mengidentifikasi tanggapan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima asuh sanggup memilih menjawab pertanyaan wacana isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
c. memilih isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima asuh sanggup memilih menjawab pertanyaan wacana isi teks.
d. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi
Indikator Soal: Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima asuh sanggup memilih menjawab pertanyaan wacana isi teks.
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menemukan ilham pokok
Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, penerima asuh sanggup memilih ilham pokok paragraf tersebut.
a. Soal UN 2017/2018 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2. menemukan inti kalimat
Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima asuh sanggup memilih inti kalimat tersebut
Soal UN 2016/2017 Klik Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
3. menentukan makna rujukan
Indikator soal: Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima asuh sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh teladan tersebut
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
4. menyimpulkan isi tersirat dalam teks
a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis
Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, penerima asuh sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf.
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. opini penulis editorial
Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima asuh sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebut
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
c. keberpihakan penulis editorial
Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima asuh sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut
2) Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
5. menentukan kalimat utama/penjelas
Indikator soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima asuh sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut.
b. Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
2. menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima asuh sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut.
Soal UN 2016/2017 Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
3. membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
4. mengomentari isi teks
Indikator: Disajikan kutipan teks, penerima asuh sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
5. menunjukkan bukti suatu simpulan
BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2. Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
3. Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik /search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
0 Response to "Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Membaca Nonsastra: Indikator, Soal, Dan Pembahasan"