RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ……………….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Genap
Materi Pokok : Resensi buku
Alokasi Waktu : 1 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI-3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. | 3.18.1. Mendefinisikan wacana Resensi Buku 3.18.2. Mengidentifikasikan wacana Resensi Buku 3.18.3. Mendeskripsikan wacana Resensi Buku 3.18.4. Mengklasifikasikan wacana Resensi Buku 3.18.5. Menemukan data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.7. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.8. Menganalisis tabulasi data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.9. Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca 3.18.10. Menguraikan hasil analisa data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.11. Mengasosiasikan uraian data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.12. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi wacana Resensi Buku 3.18.13. Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi |
4.18. Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. | 4.18.1. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi wacana Resensi Buku 4.18.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data wacana Resensi Buku 4.18.3. Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL penerima didik sanggup menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca dan mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kreatif (Integritas) selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D. Materi pembelajaran
Resensi Buku
Fakta : Resensi Buku
Konsep : PengertianResensi Buku
Prinsip : Tujuan dan unsur-unsur resensi buku
Prosedur : Menyusun resensi buku
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media/alat, Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
| 15 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 150 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran resensi bukuberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Guru :
| 15 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | Alya | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun supaya evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah ketika diberi kritik. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | |||||||
2 | Pelafalan | |||||||
3 | Kelancaran | |||||||
4 | Ekspresi | |||||||
5 | Penampilan | |||||||
6 | Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan balasan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai Berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | ||||
2 | Keserasian pemilihan kata | ||||
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa | ||||
4 | Pelafalan |
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | ||||
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan | ||||
3 | Kemampuan mengolah kata | ||||
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, menyerupai catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi penerima didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa menunjukkan soal perhiasan contohnya sebagai berikut :
1) Jelaskan wacana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan wacana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan wacana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru menunjukkan hikmah supaya tetap rendah hati, dikarenakan telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru menunjukkan soal pengayaan sebagai berikut :
1) Membaca buku-buku wacana nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara online wacana nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta info online wacana nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati pribadi wacana nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Mengetahui, ……….., ……………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
………………………….. …………………………..
NIP …………………….. NIP ……………………..
UNDUH FILE WORD RPP TEKS ULASAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI KLIK https://drive.google.com/open?id=1_Pskux7QvK8D1w25dblXuqzSr9YxuXPe
SILA BACA DAN UNDUH FILE WORD RPP BAHASA INDONESIA Sekolah Menengan Atas KELAS X, XI, XII SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
Berikut disajikan pola RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas kelas X, XI, dan XII semester 2.
Sila baca, unduh file word, dan edit/revisi.
A. RPP KELAS X SEMESTER 2 (file word)
1. RPP Teks Negosiasi KD 3.10 dan 4.10 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
2. RPP Teks Negosiasi KD 3.11 dan 4.11 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
3. RPP Teks Debat KD 3.12 dan 4.12 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
4. RPP Teks Debat KD 3.13 dan 4.13 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
5. RPP Teks Biografi KD 3.14 dan 4.14 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
6. RPP Teks Biografi KD 3.15 dan 4.15 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
7. RPP Teks Puisi KD 3.16 dan 4.16 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
8. RPP Teks Puisi KD 3.17 dan 4.17 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
9. RPP Buku Pengayaan Fiksi/Nonfiksi KD 3.18 dab 4.18 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)
1. RPP Teks Proposal Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
3. RPP Teks Resensi Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
4. RPP Teks Drama Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
C. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (file word)
1. RPP Teks Artikel KD 3.10 dan 4.10 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
2. Rpp Teks Artikel KD 3.11 dan 4.11 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
3. RPP Teks Kritik dan Esai KD 3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
4. RPP Buku Pengayaan KD 3.14 dan 4.14 Klik /search?q=rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x
0 Response to "Rpp Analisis Buku Fiksi Dan Nonfiksi Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi"