Latest News

Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Binatang - Berguru Berdikari Di Rumah

Kita pernah membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada insan yang secara fisik sedikit sekali perbedaannya dengan pertumbuhan dan perkembangan pada hewan. Proses pertumbuhan dan perkembangan binatang dan insan terjadi di seluruh bab badan , berbeda dengan flora yang terjadi hanya pada bab tertentu saja , yaitu di kawasan meristem. Pertumbuhan dan perkembangan pada binatang sama halnya juga dengan insan , dengan diawali terbentuknya zigot dari proses pembuahan dan terus terjadi hingga binatang mencapai usia dewasa. 

Dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan pada binatang sanggup dibagi menjadi dua bab yaitu :

  • Fase embrionik dan 
  • Fase pascaembrionik. 

Fase embrionik yaitu pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari zigot hingga terbentuknya embrio sebelum lahir atau menetas. Sedangkan fase pascaembrionik merupakan pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai semenjak lahir atau menetas hingga binatang itu dewasa.

1. Fase Embrionik

Zigot terbentuk dari hasil pertemuan ovum dengan sperma (terjadi pembuahan/fertilisasi). Kemudian zigot mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam beberapa tahap , yaitu pembelahan zigot , tahap morula , blastula , gastrula , dan organogenesis.

a. Pembelahan zigot terjadi secara mitosis , yaitu dari satu sel menjadi dua sel , dua sel menjadi empat sel , empat sel menjadi delapan sel , delapan sel menjadi enam belas sel , dan seterusnya hingga tiga puluh dua sel. Sekumpulan sel yang terbentuk tersusun mirip buah anggur dan disebut sebagai morula. Pembelahan terus berlanjut sehingga terbentuk rongga di bab dalam yang disebut blastosol. Fase ini disebut fase blastula.


b. Gastrula , merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan blastula yang ditandai dengan terbentuknya 3 lapisan embrionik , yaitu lapisan bab luar (ektoderm) , lapisan bab tengah (mesoderm) , dan lapisan bab dalam (endoderm). Ketiga lapisan ini nantinya akan bermetamorfosis banyak sekali organ. Proses pembentukan gastrula ini disebut gastrulasi.
kejar paket c
Zigot - Blastula - Gastrula

c. Organogenesis , merupakan proses pembentukan banyak sekali organ badan yang berkembang dari tiga lapisan dikala proses gastrulasi.
kejar paket c
Organogenesis pada mahluk hidup


Organ yang terbentuk dari ketiga lapisan ini yaitu sebagai berikut. 
1) Lapisan ektoderm , bermetamorfosis rambut , kulit , sistem saraf , dan indra. 
2) Lapisan mesoderm , bermetamorfosis otot , rangka , alat reproduksi , alat peredaran darah , dan alat ekskresi. 
3) Lapisan endoderm , bermetamorfosis alat pencernaan dan alat pernapasan.

2. Fase Pascaembrionik

Pertumbuhan pascaembrionik dimulai ketika binatang lahir atau menetas. Semua anggota badan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Namun demikian kecepatan pertumbuhan dan perkembangan antara bab badan yang satu dengan bab badan yang lain tidak sama. Pertumbuhan ini tidak berlangsung terus-menerus , melainkan berhenti sesudah mencapai usia tertentu. Perkembangan dimulai ketika alat kelamin telah bisa memproduksi sel-sel gamet. 

Pada insan perkembangan ini ditandai dengan munculnya sifat-sifat kelamin sekunder. Tanda kelamin sekunder pada laki-laki berupa tumbuhnya rambut pada bab badan tertentu , bunyi besar , tumbuhnya jakun , dan otot-otot badan lebih kekar. Tanda kelamin sekunder pada perempuan ditandai dengan membesarnya payudara , tumbuhnya rambut pada bab badan tertentu , dan membesarnya pinggul.


Metamorfosis dan Metagenesis

Beberapa jenis binatang mengalami metamorfosis dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Beberapa jenis binatang yang lain mengalami metagenesis. Selain pada binatang , metagenesis juga terjadi pada tumbuhan.

1. Metamorfosis

Pada beberapa jenis binatang , dalam pertumbuhan dan perkembanganya mengalami proses metamorfosis. Metamorfosis yaitu kejadian perubahan bentuk badan secara sedikit demi sedikit yang dimulai dari larva hingga dewasa. Metamorfosis terjadi pada serangga dan amfibi. Contoh binatang amfibi yang mengalami metamorfosis yaitu katak. Pertumbuhan dan perkembangan katak diawali semenjak terbentuk zigot. Zigot kemudian bermetamorfosis embrio. Satu ahad kemudian , terbentuklah larva yang sering kau sebut kecebong/berudu. Awalnya kecebong bernapas dengan tiga insang luar , tetapi kemudian berganti menjadi insang dalam. Beberapa waktu kemudian terbentuk tutup insang dan kaki belakang. Setelah berumur tiga bulan , berudu mengalami metamorfosis yang ditandai terbentuknya paru-paru dan empat kaki , hilangnya insang dan ekor , kemudian menjadi bentuk katak. Sifat berudu berbeda dengan sifat katak. Berudu hidup di air sebagai herbivora , sedangkan katak hidup di darat bersifat karnivora.


kejar paket c



kejar paket c
Serangga yang gres menetas berwujud larva. Beberapa jenis serangga mirip kupu-kupu dan capung , bentuk larva jauh berbeda dengan bentuk dewasa. Larva kupu-kupu yang disebut ulat mempunyai verbal tipe pengunyah , sedangkan kupu-kupu mempunyai verbal tipe penghisap. Larva capung hidup di air , sedangkan capung remaja hidup di darat dan sanggup terbang. Namun demikian beberapa jenis serangga mempunyai bentuk yang hampir sama dikala gres menetas dengan dikala dewasa. Contohnya yaitu belalang , kecoa , dan jangkrik. Berdasarkan prosesnya , metamorfosis serangga sanggup dibedakan menjadi dua , yaitu metamorfosis tepat dan metamorfosis tidak sempurna.

a. Metamorfosis Sempurna 
Metamorfosis tepat ditandai dengan adanya fase yang disebut pupa atau kepompong. Bentuk larva dengan serangga remaja jauh berbeda. Tahapan dalam metamorfosis tepat yaitu sebagai berikut. telur → larva pupa (kepompong) remaja (imago) Telur menetas menjadi larva. Larva tidak mempunyai sayap dan gejala sayap juga belum ada. Ketika berupa larva , serangga sangat aktif makan. Larva kemudian mengalami perubahan bentuk menjadi kepompong. Larva ada yang eksklusif menciptakan pupa , tetapi ada juga yang lebih dulu menciptakan pelindung dari daun yang dilipat , tanah atau pasir yang halus , sayatan kayu yang halus , dan materi lainnya. Tempat dukungan di sekeliling pupa disebut kepompong atau kokon. Pada tahap pupa , serangga tidak aktif makan , walaupun proses metabolisme tetap berlangsung. Setelah melewati tahap pupa , serangga akan menjadi remaja (imago).


kejar paket c
Metamorfosa tepat pada lalat
b. Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola) 
Serangga yang mengalami metamorfosis tidak tepat , bentuk serangga yang gres menetas (nimfa) tidak jauh berbeda dengan bentuk serangga remaja (imago). Perbedaan yang mencolok yaitu nimfa tidak mempunyai sayap. Sayap akan tumbuh secara sedikit demi sedikit sehingga mirip bentuk dewasa. Secara umum nimfa dan serangga remaja mempunyai sifat yang sama. Contohnya pada jangkrik dan belalang. Urutan daur hidup serangga yang mengalami metamorfosis tidak tepat yaitu sebagai berikut.


kejar paket c
Metamorfosa tidak tepat pada belalang

2. Metagenesis

Beberapa jenis binatang dan flora ada yang mengalami proses metagenesis. Metagenesis yaitu proses pergiliran hidup yaitu antara fase seksual dan aseksual. Hewan dan flora yang mengalami metagenesis akan mengalami dua fase kehidupan , yaitu fase kehidupan yang bereproduksi secara seksual dan fase kehidupan yang bereproduksi secara aseksual. 

Metagenesis pada flora sanggup diamati dengan terang pada flora tak berbiji (paku dan lumut). Pada flora tersebut , pembentukan gamet jantan berlangsung di dalam antheridium dan gamet betina di dalam arkegonium. Jika gamet jantan membuahi gamet betina , maka akan terbentuk zigot. Zigot tumbuh menjadi individu yang menghasilkan spora. Generasi ini disebut fase vegetatif (aseksual) atau sporofit. Spora yang jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi individu gres yang menghasilkan gamet. Karena menghasilkan gamet , maka generasi ini disebut fase generatif (seksual) atau gametofit. Demikian seterusnya terjadi pergiliran keturunan antara fase gametofit dan sporofit. Tumbuhan lumut yang sering kau jumpai merupakan fase gametofit. Sedangkan flora paku yang kau lihat sehari-hari merupakan fase sporofit. Pergiliran keturunan antara fase sporofit dan gametofit itulah yang disebut metagenesis. Beberapa binatang tingkat rendah juga mengalami metagenesis , misalnya Obelia dan Aurelia. Perhatikan metagenesis ubur-ubur (Aurelia) , dari gambar itu tampak terang bahwa ubur-ubur (Aurelia) mempunyai dua jenis kehidupan yaitu kehidupan dikala melekat (polip) dan kehidupan bergerak bebas (medusa).
kejar paket c
Metagenesis pada flora paku
kejar paket c
Metagenesis pada ubur-ubur



0 Response to "Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Binatang - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews