Latest News

Menumbuhkan Minat Membaca Anak - Berguru Berdikari Di Rumah

Mengajarkan membaca kepada anak , dapat dengan sering mengajaknya membaca bersama-sama. Membaca dongeng bersama anak memiliki aneka macam macam fungsi , yaitu:
  1. Untuk mengenalkan anak pada buku bacaan , merangsang semoga belum dewasa bahagia membaca.
  2. Menciptakan  ikatan yang bersahabat antara orangtua dan anak , anak dan orangtua akan saling mengenal aksara masing-masing.
  3. Sebagai pengantar imajinasi anak , dikala mendengarkan sebuah dongeng , pikirannya akan mulai berimajinasi mencoba untuk mencerna hal yang didengarnya.
  4. Sebagai pengantar tidur , sehingga anak memilki teladan tidur yang teratur.
Ada banyak cara melakukannya , dapat dengan berkumpul dikamar membaca dongeng bersama yang pastinya sangat menarik untuk anak-anak. Biasanya walaupun mereka sedang melaksanakan acara apapun dikala mendengar seruan , "kita baca dongeng dikamar yuuuk..." mereka akan berlarian meninggalkan acara yang mereka lakukan dan duduk berkumpul diatas daerah tidur.

Namun syarat utama yang harus diajukan sebelum membaca dongeng bersama ialah membereskan mainanannya terlebih dahulu , atau menuntaskan makan siang/malamnya kemudian dilanjutkan dengan  basuh tangan , basuh kaki , basuh muka , dan ganti baju. Selanjutnya mereka boleh menentukan buku yang hendak mereka baca.

Untuk mempermudah dalam membacakan dongeng dapat di bagi dalam beberapa tahapan.

Tahapan Pertama

Untuk anak dibawah tiga tahun dapat dengan membacakan gambar , tanpa membacakan dongeng aslinya. Cara ini dilakukan semoga mereka tidak cepat bosan jikalau kita membacakan  seluruh teks dalam ceritanya. Makara yang dilakukan hanya menyebutkan benda-benda dalam gambar dan berimprovisasi sedikit dengan menghitung benda , menyebutkan warna dan membunyikan bunyi dalam gambar tersebut.

Tahapan Kedua

Adalah dikala anak sudah mulai dapat mengerti  dikala dibacakan dongeng aslinya , biasanya sekitar 3-5 tahunan. Saat ini sudah dapat mulai membacakan dongeng orisinil , tentunya dengan mimik , bunyi dan membuat suasana yang menyenangkan.

Pada tahapan ini dapat juga membuat dongeng sendiri , aksara yang dipilih dapat apapun , contohnya saja yang berkaitan dengan binatang. Basanya dongeng dibentuk menurut insiden yang di alami. Selanjutnya dapat berikan anjuran pada anak untuk gantian membuat cerita.

Tahapan Ketiga


Ketika anak sudah dapat membaca , tidak perlu lagi membacakan dongeng untuk mereka. Tetapi dapat mengajak mereka untuk memahami makna goresan pena dalam dongeng tersebut. Buku dongeng yang dapat dipilih antara lain buku sakunya Enid Blyton , sebab buku tersebut memakai terjemahan bahasa indonesia yang baik. Makara dalam tahapan ini kita sudah mulai untuk mencar ilmu Bahasa Indonesia tanpa memakai papan tulis.

Mudahkan merangsang anak untuk mencar ilmu baca , praktekan di rumah ya.. 

0 Response to "Menumbuhkan Minat Membaca Anak - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews