Latest News

Pengertian Variabel| Koefisien| Konstanta| Dan Suku - Mencar Ilmu Berdikari Di Rumah

  1. Variabel
  2. Variabel ialah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan abjad kecil a , b , c , … z.
    Contoh 1: Ibu membeli gula sebanyak dua kilogram , beras sebanyak lima liter dan minyak goreng sebanyak satu liter. Disini kita sanggup ‘ubah’ kata gula dengan x dan beras dengan y dan minyak goreng dengan z. Sehingga belanjaan ibu sanggup ditulis kedalam bentuk 2x , 5y dan z. Kalimat matematika yang mewakili total belanjaan ibu ialah 2x + 5y + z.
    2. Koefisien
    Koefisien pada bentuk aljabar ialah faktor konstanta dari variabel pada bentuk aljabar. Pada Contoh 1 terdapat tiga buah variabel , yaitu x , y dan z. Angka 2 ialah koefisien dari variabel x , angka 5 ialah koefisen dari variabel y dan koefisien dari variabel z ialah 1. Untuk lebih jelasnya , perhatikan Contoh 2:
       
    3. Konstanta Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta. Contoh 3:
     
    4. Suku Suku ialah adonan antara variabel beserta koefisiennya dan konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih. Berikut tipe-tipe suku
      
    Bentuk aljabar yang memiliki lebih dari dua suku disebut suku banyak atau polinom.
    Sumber:  istanamatematika.wordpress.com

0 Response to "Pengertian Variabel| Koefisien| Konstanta| Dan Suku - Mencar Ilmu Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews