Banyak cara untuk mengenalkan bilangan pada anak , namun yang paling penting lakukanlah pengenalan itu melalui sarana bermain. Karena apapun kegiatan kita sehari-hari , balita kita sanggup pribadi melihatnya , termasuk mengenalkan angka dan huruf. Lewat bermain , pengenalan konsep bilangan dan karakter lebih gampang diingat. Perkenalan balita dengan dua hal ini sanggup menjadi bekal penting untuk pertumbuhannya.
1. Menyentuh karakter
Siapkan 2 set mainan karakter berukuran besar. Ambil satu karakter , minta anak mengambil karakter yang sama dengan yang Anda ambil. Sebutkan nama hurufnya. Misalnya Anda mengambil karakter R , sebutkan karakter R. Minta anak mengangkat karakter R. Katakan pada anak , karakter R yaitu awal dari namanya. Misal , “R. Randy.” Lakukan untuk karakter lain , bahwa karakter yang beliau pegang merupakan karakter awal dari nama orang yang beliau kenal.
Anak belajar: Merasai bentuk karakter dan mengenal suara huruf.
2. Merangkai karakter plastik
Siapkan 2 set mainan karakter ukuran besar. Rangkai beberapa karakter menjadi kata atau nama. Misalnya , “b-o-l-a” Minta anak mengucapkan setiap karakter sesuai bunyinya.
Anak belajar: Kata dibuat dari rangkaian karakter dan setiap karakter punya suara yang berbeda.
3. Membaca karakter dari kartu karakter dan gambar
Sediakan kartu karakter bergambar. Minta anak menentukan satu kartu. Sebutkan nama karakter yang tertera pada kartu , sebutkan gambarnya. Misalnya “A” , Anggur. “B” , Bola. “C” , Cacing , dan seterusnya. Cara lain yaitu , susun kartu berdasar urutan alfabet. Ajarkan anak perihal urutan alfabet.
Anak belajar: Melihat bentuk karakter , mengenal suara karakter , dan urutan huruf.
4. Menghitung biji-bijian.
Mengenal angka berarti mengenal konsep “banyaknya benda”. Ajarkan anak menghitung benda , bukan mengingat angka atau urutan angka. Sediakan biji kacang yang besar , yang tidak muat masuk lubang hidung dan lubang telinga. Misalnya , kacang kulit , kacang merah , sendok es krim atau stik bekas es krim. Ambil 10 buah , kemudian mulailah menghitung sendiri. Bersama anak , mulailah menghitung dari 1 hingga 10. Kombinasikan dengan mengambilnya 2 buah , minta anak menyebutkan jumlahnya.
Variasi permainan:
Ambil 5 buah biji kacang. Mulai dengan mengurangi. Ambil 2 buah biji , kemudian minta anak menghitung sisanya. Coba penambahan. Ambil 5 buah biji kacang. Pisahkan menjadi 2 dan 3. Tambahkan 2 dengan 1 , minta anak menghitung jumlahnya. Minta anak melihat dari yang tampak: mana lebih banyak , 3 atau 2.
Anak belajar: Konsep membilang , konsep mengurangi dan menambah , konsep lebih banyak dan lebih sedikit.
5. Belanja buah.
Prinsip menghitung pada anak balita yaitu melihat dan menyentuh benda. Libatkan anak berbelanja buah. Siapkan plastik , minta anak memasukkan ke dalamnya 3 buah apel berwarna pink. Siapkan kantong plastik lain , minta anak memasukkan ke dalamnya 2 buah pear warna kuning. Siapkan kantong plastik lain , minta anak memasukkan 5 buah jeruk.
Anak belajar: Konsep jumlah dan warna
6. Mengenal bentuk angka.
Mengenalkan angka berarti juga mengenalkan konsep goresan pena atau bentuk angka. Misalnya 3 = tiga buah jeruk. Sediakan mainan angka dari materi plastik. Sediakan benda menyerupai biji , buah atau sendok. Minta anak mengambil 3 buah sendok , sementara Anda mengambil angka 3. Letakkan angka 3 di erat 3 buah benda tadi. Lakukan beberapa kali dengan jumlah yang berbeda-beda. Bergantian dengan anak , sediakan benda sejumlah tertentu , kemudian minta anak menyiapkan angka pada mainannya.
Variasi permainan:
Gunakan kartu bergambar bertuliskan angka. Ambil satu kartu , minta anak menghitung jumlah gambar yang tercantum. Anda sebutkan angka yang tertulis pada kartu itu. Sediakan buku kegiatan yang di dalamnya terdapat gambar benda dan angka yang mengatakan jumlah benda itu. Minta anak mengikuti bentuk angka dengan jari telunjuknya. Bila anak masih kecil , pegang tangannya , gerakkan tangannya mengikuti bentuk angka.
Anak belajar: Mengenal bentuk angka dan memahami jumlah dengan simbol angka.
7. Memancing karakter dan angka
Buat karakter dan angka dari styrofoam tipis. Jiplakkan karakter dan angka dari materi styrofoam tadi di atas kertas stiker spotlight beberapa warna. Buka stiker , rekatkan pada angka dan huruf. Sekarang , Anda punya karakter dan angka berwarna-warni. Ikat setiap karakter dan angka dengan tali kenur. Masukkan semua karakter dan angka ke dalam bejana , dengan tali atau benang menjulur keluar. Minta anak mengambil satu. Lihat angka atau karakter yang beliau ambil , bantu anak menyebut angka atau karakter yang ada di ujung tali. Lakukan beberapa kali. Ulangi permainan ini kapan pun anak ingin memainkannya.
Anak belajar: Angka dan huruf
8. Memisahkan warna , ukuran dan bentuk. Anak-anak bahagia memilah mainannya dan menghitungnya satu persatu.
Gunakan kotak mainan anak yang berisi balok warna-warni. Minta anak memisahkan warna merah , kuning , biru dan hijau. Minta anak menghitung jumlah setiap warna.
Variasi:
Pisahkan sesuai bentuk , contohnya pisahkan segi tiga dari segi empat. Pisahkan sesuai ukuran. Pisahkan yang kecil dari yang besar.
Anak belajar: Jumlah , warna , bentuk dan ukuran.
9. Mewarnai angka dan huruf
Sediakan buku mewarnai yang terdiri dari gambar dan karakter , atau gambar dan angka. Sediakan krayon atau pinsil warna. Secara bergantian , Anda mewarnai gambarnya , sementara anak mewarnai angka atau huruf. Sebutkan suara karakter yang diwarnai anak. Misalnya , “H” menyerupai hhh. Untuk mengawali kata “handuk”. Sebutkan angka yang diwarnai anak.
Anak belajar: Bentuk angka serta bentuk karakter dan suara huruf.
Pakai Lagu Juga Bisa
· Balonku Ada Lima
· Dua Mata Saya
· B-I-N-G-O
· ABC
Sumber: ibudanbalita.com
0 Response to "Mengenal Konsep 1- 3 - Berguru Berdikari Di Rumah"