Latest News

Mengenal Habitat Mahluk Hidup - Mencar Ilmu Berdikari Di Rumah


Habitat berasal dari bahasa Latin yang berarti menempati , itu berarti habitat yaitu tempat suatu spesies untuk tinggal dan berkembang. Pada dasarnya , habitat yaitu lingkungan yang tidak sekedar fisik saja , tapi juga menurut populasi suatu spesies yang mensugesti dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut. Menurut Clements dan Shelford (1939) , habitat yaitu lingkungan fisik yang ada di sekitar suatu spesies , atau populasi spesies , atau kelompok spesies , atau komunitas.

Sehingga Habitat diartikan sebagai tempat suatu makhluk hidup. Semua makhluk hidup memiliki tempat hidup yang disebut habitat (Odum , 1993). Kalau kita ingin mencari atau ingin berjumpa dengan suatu organisme tertentu , maka harus tahu lebih dahulu tempat hidupnya (habitat) , sehingga ke habitat itulah kita pergi untuk mencari atau berjumpa dengan organisme tersebut. Oleh alasannya yaitu itu , habitat suatu organisme sanggup juga disebut alamat organisme itu.

Semua organisme atau makhluk hidup memiliki habitat atau tempat hidup. Contohnya , habitat paus dan ikan hiu yaitu air bahari , habitat ikan mas yaitu air tawar , habitat buaya muara yaitu perairan payau , habitat simpanse dan harimau yaitu hutan , habitat pohon bakau yaitu kawasan pasang surut , habitat pohon butun dan kulapang yaitu hutan pantai , habitat cemara gunung dan waru gunung yaitu hutan Dataran tinggi , habitat manggis yaitu hutan dataran rendah dan hutan rawa , habitat ramin yaitu hutan gambut dan kawasan dataran rendah lainnya , pohon-pohon anggota famili Dipterocarpaceae pada umumnya hidup di kawasan dataran rendah , pohon aren habitatnya di tanah dataran rendah sampai kawasan pegunungan , dan pohon durian habitatnya di dataran rendah.

Selain itu , istilah habitat sanggup juga digunakan untuk mengatakan tempat tumbuh sekelompok organisme dari aneka macam spesies yang membentuk suatu komunitas. Sebagai pola untuk menyebut tempat hidup suatu padang rumput sanggup memakai habitat padang rumput , untuk hutan mangrove sanggup memakai istilah habitat hutan mangrove , untuk hutan pantai sanggup memakai habitat hutan pantai , untuk hutan rawa sanggup memakai habitat hutan rawa , dan lain sebagainya. Dalam hal menyerupai ini , maka habitat sekelompok organisme meliputi organisme lain yang merupakan komponen lingkungan (komponen lingkungan biotik) dan komponen lingkungan abiotik.

Sumber: id.shvoong.com

0 Response to "Mengenal Habitat Mahluk Hidup - Mencar Ilmu Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews