Latest News

Membaca Diagram|Tabel| Dan Grafik - Berguru Berdikari Di Rumah

Pengertian dan Definisi Diagram

 

Bagi para pelaku bisnis dan pengambil keputusan , kemampuan membaca diagram merupakan suatu keharusan. Penyajian data dalam bentuk diagram merupakan salah satu cara untuk menciptakan sebuah laporan menjadi lebih menarik dan lebih gampang dibaca. Sebuah diagram bisa memuat banyak informasi sehingga dibutuhkan kecermatan dan keahlian tersendiri dalam membaca diagram.

Berikut ini yakni pengertian dan definisi diagram , yang dikemukakan oleh para hebat :
  • Agus SupriatnaDiagram yakni citra atau bagan untuk menunjukan hubungan antara dua hal atau lebih
  • Pustaka WidyatamaDiagram merupakan bentuk gambar yang menyatakan (berupa) data-data berfungsi menjelaskan , atau menunjukan sesuatu hal
  • Sutartini FransiskaDiagram yakni gambar atau grafik berisi keterangan mengenai hal-hal tertentu yang memperlihatkan hubungan antara besaran-besaran peubah
  • Julius HermawanDiagram merupakan artifak dari proses analisis
  • Agus PurwotoDiagram merupakan alternatif penyajian data biar lebih menarik
  • Ismail KusmayadiDiagram yakni citra (buram , sketsa) untuk memperlihatkan atau menunjukan sesuatu
  • Redaksi Kawan PustakaDiagram yakni citra untuk memperlihatkan atau menunjukan sesuatu
  • Rhonda AbramsDiagram merupakan cara yang baik untuk mengomunikasikan informasi penting atau mengesankan
  • Supadi , Sujito ,Hendro Yulianto , Maas ShobirinDiagram yakni alat yang dipakai dalam waktu singkat yang sanggup memperlihatkan pasangan - pasangan yang berurutan dan hubungan antara pasangan - pasangan
Membaca Tabel dan Grafik

 

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Bentuknya berupa kolom-kolom dan baris-baris. Biasanya fakta atau informasi itu hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun dalam urutan kolom dan baris. Tabel merupakan alat bantu visual yang berfungsi menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat , terperinci , dan lebih menarik daripada kata-kata. Sajian informasi yang memakai tabel lebih gampang dibaca dan disimpulkan.

Grafik merupakan gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat. Dalam grafik terdapat dua jenis garis koordinat , yakni garis koordinat X yang berposisi horisontal dan garis koordinat Y yang vertikal. Pertemuan antara setiap titik X dan Y membentuk baris-baris dan kolom-kolom.
Seperti halnya tabel , grafik merupakan media visual yang sering dipakai untuk memperjelas suatu bacaan. Grafik memungkinkan penyampaian informasi yang kompleks secara lebih mudah. Media ini sanggup memperlihatkan citra suatu informasi secara terperinci , gampang , menarik , dan efektif.
Umumnya grafik dipakai untuk membandingkan jumlah data. Selain itu , dipakai pula untuk memperlihatkan fluktuasi suatu perkembangan jumlah , contohnya dalam rentang waktu lima tahun , enam tahun , sepuluh tahun , atau lebih. Dengan grafik , perbandingan serta naik turunnya suatu jumlah data akan lebih jelas.

Langkah membaca tabel dan grafik.
  1. Bacalah judulnya. Membaca judul merupakan aktivitas penting untuk memahami isi pesannya. Resapilah isi judul tabel dan grafik yang Anda hadapi , sebab judul memperlihatkan ringkasan yang padat perihal informasi yang akan disampaikan.
  2. Bacalah keterangan yang ada di atas , di bawah atau di sisinya. Keterangan itu merupakan kunci klarifikasi perihal data yang disampaikan. Keterangan itu , contohnya dalam bentuk urutan tahun , persentase , atau angka-angka.
  3. Ajukan pertanyaan perihal tujuan tabel dan grafik itu. Caranya mudah. Kalian cukup mengubah judulnya menjadi pertanyaan , contohnya di mana , seberapa banyak , berapa perkembangannya , dan seterusnya. Jawaban pertanyaan tersebut diperlukan ada dalam tabel dan grafik yang Anda hadapi.
  4. Bacalah tabel dan grafik dengan selalu mengingat tujuan Anda , informasi apa yang Anda perlukan.
Sumber: carapedia.com
             kelasmayaku.wordpress.com

0 Response to "Membaca Diagram|Tabel| Dan Grafik - Berguru Berdikari Di Rumah"

Total Pageviews