Latest News

Pandangan Al-Qur’An Perihal Turunnya Nabi Isa As Ke Bumi

Ayat Al-Qur’an Tentang Turunnya Nabi Isa As ke Bumi
1. QS. An nisa’ : 157-158.

157
وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا ٱلْمَسِيحَ عِيسَى ٱبْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ ٱللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِن شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ ٱلَّذِينَ ٱخْتَلَفُوا۟ فِيهِ لَفِى شَكٍّ مِّنْهُ ۚ مَا لَهُم بِهِۦ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا ٱتِّبَاعَ ٱلظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًۢا

Dan sebab ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham ihwal (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan ihwal yang dibunuh itu. Mereka tidak memiliki keyakinan ihwal siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu ialah Isa."

158
بَل رَّفَعَهُ ٱللَّهُ إِلَيْهِ ۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

"Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan ialah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Allah Swt mengangkat Nabi Isa As. dalam keadaan hidup dengan ruh dan jasadnya, ayat di atas sebagai dalil untuk membantah orang-orang Yahudi yang menyangka Isa dibunuh dan disalib. Kalau yang diangkat ruhnya saja, maka apa bedanya Nabi Isa dengan Nabi-nabi yang lainnya, bahkan juga kaum Mukminin, semua ruhnya diangkat Allah Swt setelah wafat! Jadi, tidak beda antara Nabi Isa dengan yang lainnya? Lantas apa manfaat penyebutan diangkat ke langit, jikalau bukan yang diangkat ruh dan jasadnya.

Ibnu Katsir setelah menafsirkan ayat ini kemudian membawakan beberapa hadis ihwal turunnya Nabi Isa As. Beliau berkata: “Inilah hadis hadis mutawatir yang berasal dari Rasulullah yang diriwayatkan dari para Sahabat, menyerupai Abu Hurairah, Ibnu Mas’ud, ‘Utsman bin Abil ‘Ash, Abu Umamah, an-Nawwas bin Sam’an, ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash, Mujammi’ bin Jariyah, Abu Syuraikah dan Hudzaifah bin Usaid Radhiyallahu anhum. Di dalam hadis-hadis ini mengandung petunjuk ihwal sifat-sifat turunnya, juga tempatnya, yaitu ia akan turun di Syam (Syiria) tepatnya di Damaskus pada menara timur dan terjadi dikala akan didirikan salat Shubuh.

2. QS. Ali Imran : 55.

إِذْ قَالَ ٱللَّهُ يَٰعِيسَىٰٓ إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَجَاعِلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوكَ فَوْقَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

(Ingatlah), dikala Allah berfirman:”Hai Isa, Sesungguhnya saya akan memberikan kau kepada simpulan ajalmu dan mengangkat kau kepadaKu serta membersihkan kau dari orang-orang yang kafir, dan menimbulkan orang-orang yang mengikuti kau di atas orang-orang yang kafir sampai hari kiamat. kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, kemudian saya memutuskan diantaramu ihwal hal-hal yang selalu kau berselisih padanya”. (QS. Ali Imaran; 55)

Para hebat tafsir berbeda pendapat mengenai firman Allah:  إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ “Sesungguhnya Aku akan menyampaikanmu kepada simpulan ajalmu dan mengangkat kau kepada-Ku...”

Menurut Qatadah dan ulama lainnya: “Ini merupakan bentuk kalimat dalam bentuk muqaddam dan muakhkhar (yaitu bentuk kalimat yang mendahulukan apa yang seharusnya ada di akhir, dan mengakhirkan apa yang seharusnya didahulukan). Kedudukan sebetulnya adalah  إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ ”yakni Aku mengangkatmu kepadaKu dan mewafatkanmu."

Dan secara umum dikuasai ulama beropini bahwa yang dimaksud dengan kematian tersebut ialah tidur, sebagaimana firman-Nya

وَهُوَ ٱلَّذِى يَتَوَفَّىٰكُم بِٱلَّيْلِ

” Dan Dia-lah yang menidurkan kalian di malam hari.” (QS. al-An’aam: 60)

Allah Swt berfirman,

ٱللَّهُ يَتَوَفَّى ٱلْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَٱلَّتِى لَمْ تَمُتْ فِى مَنَامِهَا

”(Allah yang memegang jiwa (orang) dikala matinya dan (meme-gang) jiwa (orang) yang belum mati pada waktu tidurnya.” (QS. Az-Zumar: 42)

3. QS. Az-Zukhruuf : 61

وَإِنَّهُۥ لَعِلْمٌ لِّلسَّاعَةِ فَلَا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَٱتَّبِعُونِ ۚ هَٰذَا صِرَٰطٌ مُّسْتَقِيمٌ

“Dan sesungguhnya ‘Isa itu benar-benar menunjukkan pengetahuan ihwal hari Kiamat.Karena itu janganlah kau ragu-ragu ihwal Kiamat itu dan ikutilah Aku.Inilah jalan yang lurus.” (QS. Az-Zukhruuf: 61)

Tafsiran lafazh: ˯menurut Ibnu ‘Abbas ra sebagaimana tercantum dalam kitab Tafsir Ibni Katsir ialah turunnya Nabi Isa bin Maryam sebelum hari Kiamat. Kemudian dijelaskan juga oleh Ibnu Katsir rahimahullah hadis-hadis ihwal turunnya Nabi ‘Isa sebelum hari Kiamat diriwayatkan dari Abu Hurairah, Ibnu ‘Abbas, Abul ‘Aliyah, Abu Malik, Ikrimah, Hasan, Qatadah, ad-Dhahhak dan selainnya. Hadis-hadis turunnya Nabi Isa As. sebelum hari Kiamat sebagai Imam yang adil, dan hakim yang bijaksana ialah mutawatir.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan ihwal pandangan Al-Qur’an ihwal turunnya Nabi Isa As ke bumi. Sumber buku Ilmu Kalam Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

0 Response to "Pandangan Al-Qur’An Perihal Turunnya Nabi Isa As Ke Bumi"

Total Pageviews