Latest News

Akal Dan Wahyu Berdasarkan Anutan Mu’Tazilah, Anutan Asy’Ariyah Dan Maturidiyah


A. Pengertian Akal dan Wahyu.
1. Akal.
Akal secara lughawi mempunyai banyak makna, sehingga kata al ‘aql sering disebut sebagai lafazh musytarak, yakni kata yang mempunyai banyak makna. Dalam kamus bahasa Arab Al-munjid Fii Al-lughah Wa’al A’lam, dijelaskan bahwa ‘aqala mempunyai makna adraka (mencapai, mengetahui), fahima (memahami), tadarabba wa tafakkara (merenung dan berfikir). Kata al-‘aqlu sebagai mashdar (akar kata) juga mempunyai arti “nurun nuhaniyyun bihi tudriku al-nafsu ma la tudrikuhu bi al-hawas”, yaitu cahaya ruhani yang dengannya seseorang sanggup mencapai, mengetahui sesuatu yang tidak sanggup dicapai oleh indera.  Al-‘aql juga diartikan al-qalb, hati nurani atau hati sanubari.

Menurut Imam Al-ghazali didalam kitabnya Ihya’ ‘Ulumuddin mendefinisikan bahwa kebijaksanaan ialah sumber ilmu, daerah terbit dan dasar ilmu. Ilmu itu berjalan dari padanya menyerupai jalannya buah dari pohon, cahaya dari matahari, dan penglihatan dari mata.

2. Wahyu.
Menurut Muhammad Abduh dalam Risalatut Tauhid beropini bahwa wahyu ialah pengetahuan yang di dapatkan oleh seseorang dalam dirinya sendiri disertai akidah bahwa semua itu tiba dari Allah Swt, baik melalui mediator maupun tanpa perantara. Baik bermetamorfosis menyerupai bunyi yang masuk dalam pendengaran ataupun lainnya. Dalam Islam wahyu atau sabda Tuhan yang disampaikan kepada Nabi Muhaammad Saw terkumpul semuanya dalam Al-Qur’an.

B. Akal dan Wahyu Menurut Aliran Kalam.
1) Menurut Aliran Mu’tazilah.
Bahwa sebelum tiba wahyu, kebijaksanaan sanggup dijadikan pedoman dalam memilih apa yang baik dan apa yang buruk, sehingga melaksanakan daypikir ialah wajib, alasannya ialah dengan daypikir yang mendalam sanggup mengetahui kewajiban-kewajiban. Dari empat dilema tersebut di atas, bagi pedoman Mu’tazilah sanggup diketahui melalui akal.

2) Menurut Aliran Asy’ariyah.
Imam Asy’ari menjelaskan bahwa, wahyu lah yang memilih baik dan buruk, memilih kewajiban terhadap Tuhan dan kewajiban melaksanakan yang baik dan menjauhi yang buruk. Akal tidak berperan dalam hal tersebut, sehingga jikalau dikatakan bohong itu ialah jelek alasannya ialah wahyu lah yang menetapkannya.

3) Aliran Maturidiyah.
Antara Abu Mansur dengan al-Bazdawi berbeda. Abu Mansur menjelaskan bahwa, Akal sanggup mengetahui Tuhan, baik dan jelek serta mengetahui kewajiban terhadap Tuhan, akan tetapi wahyu lah yang menetapkannya. Begitu pula tidak semua yang baik dan jelek diketahui kebijaksanaan sehingga sangat diharapkan wahyu. Termasuk menjelaskan kewajiban melaksanakan yang baik dan menjauhi yang buruk. Sedangkan al-Bazdawi beropini bahwa, semua pengetahuan sanggup dicapai oleh kebijaksanaan sedang kewajiban-kewajiban diketahui melalui wahyu.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan wacana kebijaksanaan dan wahyu berdasarkan pedoman Mu’tazilah, pedoman Asy’ariyah dan Maturidiyah. Sumber buku Ilmu Kalam Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

0 Response to "Akal Dan Wahyu Berdasarkan Anutan Mu’Tazilah, Anutan Asy’Ariyah Dan Maturidiyah"

Total Pageviews