Latest News

Begini Tanggung Jawab Siswa Dalam Pendidikan

Begini tanggung jawab siswa dalam pendidikan – Subjek tanggung jawab pendidikan anak ada di tangan orangtua, pihak sekolah dan pemerintah. Namun sebagai objek sekaligus subjek pendidikan, siswa juga mempunyai tanggung jawab dalam proses pendidikan tersebut. Demikian intisari amanat pembina upacara Hasma Umneti, S.Pd.I pada upacara bendera di UPT SMPN 2 Lintau Buo, Senin (11/02)

Begini tanggung jawab siswa dalam pendidikan Begini Tanggung Jawab Siswa dalam Pendidikan
Ilustrasi siswa (pexels.com)

Tanggung jawab siswa dalam proses pendidikan mencakup tanggung jawab terhadap diri, orangtua dan terhadap sekolah.

“Siswa perlu mempunyai rasa tanggung jawab terhadap dirinya, orangtua, sobat dan guru di sekolah.” tutur guru bahasa Inggris yang aktif menunjukkan bimbingan berguru bahasa Inggris gratis ini di sekolah.

Di rumah, siswa mempunyai tanggung jawab terhadap orangtua. Hormat dan patuh pada orangtua, mengerjakan pekerjaan yang sanggup dilakukan dan sesuai kemampuannya. Mengulang pelajaran di rumah atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan di sekolah.

Sementara di sekolah, siswa mempunyai tanggung jawab terhadap dirinya, sobat dan guru. Tanggung jawab terhadap dirinya ialah berguru dengan baik, mematuhi hukum dan disiplin berguru di sekolah, menyerupai berpakaian, bersikap dan bertingkah laku.

Tanggungjawab terhadap sobat dan guru antara lain menghargai sobat dan menghormati guru sebagaimana lazimnya. Melaksanakan kiprah piket harian dan tugas-tugas lainnya di sekolah.

Selain itu kiprah siswa terhadap dirinya di sekolah ialah melakukan shalat berjamaah, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.

Di lingkungan masyarakat, siswa juga mempunyai tanggung jawab untuk memelihara keamanan. Paling tidak siswa tidak menjadikan permasalahan bagi masyarakat dimana beliau berada. Berlaku sebagai seorang pelajar dengan tingkah laris dan perbuatan yang baik.
Namun yang lebih penting ialah tanggung jawab diri terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan segala kewajiban sesuai dengan rukun islam.

0 Response to "Begini Tanggung Jawab Siswa Dalam Pendidikan"

Total Pageviews