Latest News

Melongok Kantin Mini Unik Di Sekolah

Melongok kantin mini unik di sekolah – Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional telah menciptakan kebijakan untuk menggalakkan tumbuhkembangnya semangat dan budaya kewirausahaan di forum sekolah. Salah satu kebijakan dimaksud yaitu mengubah kiprah dan fungsi kepala sekolah.

 Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional telah menciptakan kebijakan untuk menggalak Melongok Kantin Mini Unik di Sekolah
Tiga guru sedang jajan kudapan di kantin mini sekoalh (Hadi R/matrapendidikan.com)

Kepala sekolah mempunyai kiprah dan fungsi berbagi semangat kewirausahaan, manajerial dan supervisi pendidik dan tenaga kependidikan. Kepala sekolah tidak lagi sebagai kiprah suplemen guru sebagaimana PP Nomor 17 Tahun 2017.

Beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk menjalankan kiprah manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervise kepada guru dan tenaga kependidikan. Tindak lanjut peraturan pemerintah tersebut terdapat dalam Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018.
Implementasi semangat dan huruf kewirausahaan di sekolah melalui pelatihan kesiswaan dalam wadah Osis khususnya SekBid 9, yaitu Kewirausahaan. Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd  telah mendorong pembina osis untuk menyusun kegiatan pengembangan huruf wirausaha.

Berdasarkan hal tersebut, di sekolah sudah ada kantin mini. Program kantin mini ini tidak sama dengan koperasi siswa. Kantin mini ini tergolong unik alasannya tidak bersifat permanen. Tempat pajangan jajanan yaitu beberapa meja bekas dan kursi daerah duduk di koridor gudang.

Kantin terbuka ini juga dilengkapi dingklik daerah duduk guru dan siswa ketika jajan, kemudian ada daerah sampah masakan dan minuman guna menjaga kebersihan lingkungan. 

Selain itu,  jajanan masakan dan minuman ringan dapat diisi oleh semua guru maupun siswa. Sementara pelanggannya juga dari warga sekolah ibarat tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan penerima didik.

Kontributor matrapendidikan.com Hadi Rahim meliput momentum ini ketika jeda jam belajar. Beberapa guru sempat melongok ke kantin mini sekolah yang cukup sederhana. Kantin ini menyediakan masakan dan minuman ringan untuk jajan sehat dan higienis.
Bahkan pada kesempatan tersebut salah seorang guru sempat menjadi ‘sales’ (siswa menyebutnya begitu) alasannya ikut mempromosikan masakan dan minuman sehingga menarik minat siswa untuk berbelanja di kantin mini sekolah ini.

0 Response to "Melongok Kantin Mini Unik Di Sekolah"

Total Pageviews