Latest News

Pentingnya Santunan Terhadap Guru Dalam Menjalankan Kiprah Di Masa Milennial

Pentinya pertolongan terhadap guru dalam menjalankan kiprah di masa milennial – Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan HGN setiap tahun merupakan salah satu momentum penting untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa untuk memperlihatkan pertolongan terhadap guru dalam menjalankan tugasnya.

Pentinya pertolongan terhadap guru dalam menjalankan kiprah di masa milennial Pentingnya Dukungan Terhadap Guru dalam Menjalankan Tugas di Era Milennial
Dukungan terhadap guru dalam menjalankan kiprah (doc.matrapendidikan.com)

Artikel pendidikan singkat kali ini sengaja diturunkan dalam rangka menyambut HGN tanggal 25 November 2018.

Tugas guru tidak menjadi lebih ringan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Justru dalam masa milennial, kiprah guru semakin menerima tantangan dalam mencerdaskan anak bangsa.

Konsekuensi kemajuan di masa milennial tersebut semakin positif menempatkan guru bukan lagi satu-satunya sumber informasi. Media berguru yang ada ketika ini menyerupai komputer dan internet, juga tak kalah gesit dalam menyajikan warta yang diperlukan akseptor didik. 

Peserta didik sudah sanggup mengakses aneka warta aneka macam disiplin ilmu berkaitan dengan bahan belajar, dalam waktu relatif singkat, cepat melalui gadget yang dimilikinya

Jika demikian adanya maka kiprah guru dalam pendidikan, bukan lagi menjadi sumber dan pemberi warta belaka kepada akseptor didik. Guru perlu mengubah kiprahnya menjadi perantara antara warta dengan kebutuhan warta akseptor didik.

Guru tidak lagi semata-mata bertugas mengajar melain membuat situasi dan kondisi yang dinamis bagaimana siswa sanggup berguru di ruang kelas. Mengantarkan akseptor didik berinteraksi dengan aneka disiplin ilmu pengetahuan dari aneka macam sumber yang ada.

Selain itu, kiprah guru dalam pembelajaran yang tak kalah penting yaitu sebagai motivator kreatif. Peran ini dinilai sangat strategis di masa milennial ini. Bagaimana tidak? Melalui dorongan semangat dan sugesti seorang guru, akseptor didik sanggup berguru secara mandiri.

Peserta didik berusaha mencari dan mengolah warta yang diperlukan di bawah bimbingan guru melalui aneka metode pembelajaran yang ada.

Apa pun metode yang dipakai guru dalam pembelajaran, tujuannya yaitu bagaimana akseptor didik sanggup belajar. Kerangka berpikir guru dalam pembelajaran yaitu bagaimana akseptor didik sanggup berguru dengan baik. 

Strategi yang ditempuh guru melalui penyusunan perangkat mengajar yang manis dan aplikabel hanyalah salah satu upaya membuat bagaimana akseptor didik sanggup berguru dengan baik dan menyenangkan.

Mengingat semakin penting dan beratnya kiprah guru di masa milennial, perlu kiranya pertolongan penuh dan positif dari semua unsur. Mulai dari akseptor didik sendiri, orangtua/wali murid serta pemerintah.
Sinergisitas ke semua unsur tersebut pasti akan mengantarkan guru pada kiprah membelajarkan siswa secara mandiri, kreatif dan optimis.

Selamat Hari Guru Nasional.

0 Response to "Pentingnya Santunan Terhadap Guru Dalam Menjalankan Kiprah Di Masa Milennial"

Total Pageviews