Latest News

Memelihara Ikan Gurami Di Bak Mini, Duh Asyiknya...

Memelihara ikan gurami di bak mini, duh asyiknya... – Setiap orang mempunyai hobi terhadap sesuatu kegiatan. Hobi tersebut umumnya untuk mengisi waktu senggang dan mendatangkan kesenangan. Misalnya hobi beternak, bertanam, berburu, memancing ikan, memelihara hewan, shoping, travelling, blogging, serta banyak jenis hobi lainnya.

 Setiap orang mempunyai hobi terhadap sesuatu acara Memelihara Ikan Gurami di Kolam Mini, Duh Asyiknya...
Ikan gurami berebut menyambar pelet (matrapendidikan.com)

Tidak jarang hobi yang ditekuni serius akan bernilai hemat disamping memanfaatkan waktu luang dan mendatangkan kesenangan. Namun tidak sedikit pula orang melaksanakan sesuatu kegiatan, sekadar penyaluran hobi dan mencari kesenangan belaka.

Inspirasi untuk mengerjakan atau berbuat sesuatu yang konkret sering berawal dari kegemaran terhadap suatu kegiatan. Sebagai contoh, ilham menulis dan acara blogging muncul sesudah melihat dan memberi makan ikan di kolam.

Memelihara ikan di bak akan bernilai hemat disamping mendatangkan kesenangan. Tergantung tujuan dan bagaimana mengerjakan pemeliharaan ikan tersebut.

Memberi makan ikan gurami
Di samping rumah saya, tepatnya depan dapur, ada sebuah bak kecil kira-kira berukuran 1,5 x 1 Meter dan dalamnya lebih kurang 1 Meter. Kolam ukuran mini ini diisi dengan ikan gurami.

Yang paling menyenangkan  dari acara memelihara ikan di bak yaitu ketika memberi makan ikan. Ada kesenangan tersendiri ketika memberi pakan ikan di pagi hari sebelum berangkat kerja, tengah hari dan sore hari ketika pulang kerja. Bahkan di sela-sela acara blogging untuk menukar suasana hati.

 Setiap orang mempunyai hobi terhadap sesuatu acara Memelihara Ikan Gurami di Kolam Mini, Duh Asyiknya...
Memelihara ikan gurami (matrapendidikan.com)
Siapa sangka jika memberi makan ikan sanggup mengakibatkan ilham untuk menulis dan melaksanakan acara blogging. Saat ide menulis dan ngeblog mulai surut, teringat ikan gurami di kolam. Lantas berhenti blogging sejenak. Ambil pelet pakan ikan. Duduk di dingklik di sisi bak dan lemparkan pelet ke tengah kolam.

Pada ketika pelet pakan ikan ditebarkan bertahap ke dalam kolam. Ikan-ikan itu saling berebut menyambar pelet yang terapung di permukaan kolam. Menimbulkan gelombang kecil di permukaan kolam.

Saat itu pula ikan-ikan yang mulai besar dengan bobot seperempat hingga setengah kilogram, menampakkan dirinya ke permukaan air. Ikan gurami bertubuh agak unik, lebar dan pipih. Sangat menarik untuk dilihat ketika berebut memakan pelet yang terapung di air.

Suasananya akan berbeda ketika memberi makan ikan dengan daun-daunan. Ikan omnivora ini nampak malu-malu. Hanya menyembulkan kepala ketika menyantap dedaunan hijau dan lunak, menyerupai rumput, daun talas atau daun pepaya. Kadang-kadang mengakibatkan suara decak unik keluar dari verbal ikan ketika menyantap makanan dari tumbuhan.
Itulah diantaranya keunikan yang mendatangkan kesenangan, memberi makan ikan bagi yang hobi memelihara ikan gurami di kolam.

0 Response to "Memelihara Ikan Gurami Di Bak Mini, Duh Asyiknya..."

Total Pageviews