Latest News

Kelas Berapa Anak Boleh Gunakan Ponsel Sendiri?

Kelas berapa anak boleh gunakan ponsel sendiri? – Pertanyaan ini senada dengan, umur berapa anak boleh memakai ponsel sendiri? Menurut irit saya, satiap orangtua akan memperlihatkan tanggapan beragam. Hal ini pun tergantung pada aliran dan pertimbangan masing-masing orangtua terhadap penggunaan gawai.

Kelas berapa anak boleh gunakan ponsel sendiri Kelas Berapa Anak Boleh Gunakan Ponsel Sendiri?
Ilustrasi anak memakai ponsel sendiri (pexels.com)

Keberagaman tanggapan tersebut kiranya sanggup dimaklumi mengingat tidak ada hukum baku perihal batasan kelas atau usia anak untuk memakai gawai tersebut. Ada anak yang masih berusia 10 hingga 12 tahun atau sekitar kelas 4 hingga 6 sekolah dasar sudah memakai telepon seluler sendiri.

Orangtua membelikan akomodasi komunikasi dan gosip ini untuk anak dengan aneka macam pertimbangan ibarat kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orangtua di rumah, keluarga dan famili yang jauh.

Tidak kurang seorang Bill Gates, orang terkaya di dunia dan pemilik Microsoft ini menetapkan batasan umur penggunaan ponsel sendiri untuk ketiga anaknya. Ia membolehkan anaknya memakai gadget atau smartphone sesudah anaknya berusia 14 tahun.

Saya sendiri membelikan gawai dan membolehkan kelima anak saya untuk mempunyai dan memakai ponsel sendiri, minimal sesudah mereka duduk di kelas 2 SMP. Bahkan di antaranya ada anak saya yang memakai telepon genggam sendiri sesudah menduduki dingklik SMA.

Aturan tersebut dibentuk sesudah memahami perkembangan, kebutuhan dan kondisi keuangan keluarga. Anak kelas 2 Sekolah Menengah Pertama atau kira-kira berumur 15 tahun sudah mulai berguru dan menyadari manfaat maupun kerugian memakai ponsel sendiri.

Kebutuhan anak akan ponsel sebetulnya belum mendesak ketika mereka gres kelas 2 SMP. Kecuali anak tersebut bersekolah jauh dari rumah atau tinggal di daerah kost. Tentu saja telepon genggam ini sangat diperlukan untuk berkomunikasi dengan orangtua.

Selain itu, pertimbangan dalam menerapkan hukum dan batasan memakai gawai sendiri ketika duduk di dingklik kelas 2 SMP,  memberikan kelonggaran kepada saya untuk membelikan sebuah ponsel untuk anak.

Karena anak saya 5 orang dan masing-masingnya berjarak dua tingkat kelas ( 2 tahun) maka saya secara bergiliran setiap dua tahun sekali membeli gawai untuk anak. Dan itu pun sebagai bonus atas prestasi berguru yang mereka peroleh di sekolah.
Nah, bagaimana dengan anda sebagai orangtua, kelas berapa anak anda dibolehkan memakai ponsel sendiri?

0 Response to "Kelas Berapa Anak Boleh Gunakan Ponsel Sendiri?"

Total Pageviews