Latest News

Apa Itu Linkjuice Dan Perbedaannya Dengan Backlink?

Linkjuice maupun backlink yakni dua istilah yang tidak abnormal dikalangan praktisi seo, meskipun mempunyai perbedaan keduanya yakni dua hal yang saling berkaitan yang tidak sanggup dipisahkan satu sama lain.

Linkjuice sanggup di ibaratkan sebagai sebuah kekuatan untuk point yang diperoleh halaman blog atau situs yang bersumber dari link yang masuk, baik itu dari luar maupun dari dalam blog itu sendiri. Seperti halnya pemungutan suara, banyaknya bunyi yang diperoleh yakni kekuatan untuk sanggup memenangkan pemilu, sama halnya dengan linkjuice semakin banyak sumber linkjuice yang tertuju kesuatu halaman akan semakin meningkatkan pagerank halaman tersebut.

Banyak cara yang sanggup kita lakukan untuk mendapatkan link baik itu dengan cara eksklusif maupun tidak langsung, cara eksklusif maksudnya melalui seni administrasi membangun backlink, mirip mengomentari blog, social bookmarking, dummy blog, social media marketing dan cara lainnya dimana Anda berusaha menempatkan link menuju halaman situs Anda baik melalui situs luar atau situs Anda sendiri, Sedangkan cara tidak eksklusif adalah, Usaha yang Anda lakukan yang berfokus kepada penyajian  kualitas isi artikel, tanpa Anda sadari pengunjung yang membaca artikel yang Anda sajikan, dijadikan rujukan oleh mereka dan mereka menempatkan link ke halaman situs Anda sebagai sumbernya, link semacam ini sanggup disebut backlink natural. kumpulan link yang masuk menuju halaman blog Anda itu disebut linkjuice, dan diantara link link tersebut memperlihatkan point yang berbeda, tergantung dari pagerank berapa link tersebut datang.


Konsep Linkjuice yang bersumber dari link dofollow?

Kita asumsikan mempunyai dua situs,  situs A dan situs B, misal situs A punya 1 dofollow backlink dan site B tidak punya backlink satupun, situs A akan mempunyai prioritas yang lebih tinggi untuk ditampilakn dihalaman SERP dibanding dengan situs B, alasannya yakni situs A mendapatkan linkjuice dari link yang berasal dari situs luar yang mengarah kepadanya.
Apa yang terjadi bila situs B mempunyai satu dofollow backlink juga dari luar, mana yang mempunyai prioritas, ini tergantung dari sumber linknya, sanggup jadi 2 link saja yang mengarah kepada situs B lebih baik dari 4 link yang mengarah ke situs A. bila link-link yang mengarah ke situs A punya link-link yang mengarah keluar situs lainnya selain A.
Untuk memahami kasus diatas kita gunakan hitung-hitungan berangasan memakai studi kasus mirip dibawah ini:

Linkjuice dari backlink dua arah
 yakni dua istilah yang tidak abnormal dikalangan praktisi  Apa itu Linkjuice dan perbedaannya dengan backlink?
Dari gambar diatas, situs O, P, Q dan R mempunyai masing-masing 1 link yang mengarah ke Situs A, situs O,P, Q dan R juga selain link ke situs A beliau juga punya punya masing-masing 3 Link yang mengarah ke situs lainnya, jadi situs O, P, Q dan R masing-masing punya 4 link yang mengarah ke luar, nilai point yang diberikan situs tersebut ke situs A hanya 25% saja  (100% / 4) ,
dari kasus diatas situs A akan mendapatkan point nilai total sebesar 100% (masing-masing 25% dari O,P,Q dan R).


Linjuice dari backlink satu arah

 yakni dua istilah yang tidak abnormal dikalangan praktisi  Apa itu Linkjuice dan perbedaannya dengan backlink?

bandingkan dengan situs B, bila situs B mempunyai link masuk dari 2 situs, sebut saja situs H dan I, link dari situs tersebut mengarah hanya pada situs B saja misal masing-masing 1 link, dari kasus diatas, situs B akan mempunyai point linkjuice sebesar 200%, didapat dari situs H sebesar 100%, dan dari situs I sebesar 100%. 

Kesimpulan kasus ini yakni untuk menempati posisi yang baik di SERP, halaman situs yang mempunyai sumber backlink yang berlimpah belum tentu sanggup menagalahkan halaman situs dengan sumber backlink yang sedikit, tergantung link mirip apa dan dari mana sumber link tersebut berasal.



Konsep link Juice yang berasal dari link-link nofollow?

Untuk link nofollow yang mengarah kehalaman situs kita itu tidak akan menambah point linkjuice halaman kita, meskipun sumbernya dari situs yang berpagerank tinggi. untuk ketika ini kita harus hati-hati dalam berinteraksi dengan link nofollow ini, terutama ketika kita membangun internallinking (link yang mengarah kehalaman yang lain dalam situs yang sama), alasannya yakni untuk ketika ini meskipun link nofollow yang mengarah keluar tidak sanggup berdampak menambah point halaman yang ditujunya,link nofollow yang mengarah keluar berarti kebocoran point linkjuice, meskipun link tersebut tidak akan meambah point halaman yang ditujunya.

Misal dalam satu halaman terdapat 3 link keluar, 2 link yakni link dofollow dan menuju halaman kita lainnya dalam satu situs yang sama, sedangkan 1 link lainnya yakni link nofollow dan menuju kehalaman luar situs kita, berdasarkan perhitungan berangasan link juice, maka point yang akan diperoleh untuk 2 link dofollow untuk halaman situs kita masing-masing hanya 33% (100% /3 ) itu alasannya yakni 33% lainnya akan terbuang untuk menggantingan link nofollow yang mengarah keluar, itu artinya point link yang diperoleh dari sebuah halaman dimana kita menempatkan backlink di dalamnya yakni hasil bagi oleh sejumlah link yang ada pada halaman tersebut, meskipun link tersebut yakni link nofollow.

Perbedaan linkjuice dengan backlink?

Barangkali banyak yang masih resah membedakan linkjuice dan backlink, dari apa yang saya pahami, backlink yakni link yang diletakan pada halaman situs lain yang merujuk kehalaman yang kita miliki sedangkan linkjuice adalah, istilah dari kumpulan backlink-backlink yang punya andil dalam memperlihatkan point pagerank halaman, link tersebut sanggup berasal dalam halaman lain dalam satu situs atau halaman diluar situs, untuk kasus linkjuice backlink tersebut harus tiba dari backlink dofollow, apa itu backlink dofollow, silahkan baca Apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow.



Kesimpulan yang sanggup kita ambil usahakan link yang membentuk linkjuice kehalaman kita yakni link yang:
berasal dari artikel yang relevan dengan artikel pada halaman kita.
link dofollow yang bersumber dari situs yang mempunyai pagerank yang tinggi.
link dofollow dari halaman yang mempunyai konten yang berkualitas.
link dofollow dari Halaman yang muncul pada halaman pertama SERP.

hati-hatilah dalam memburu backlink dengan berkomentar pada blogdofollow yang autoaprove, blog mirip itu mempunyai kemungkinan besar terindikasi sebagai blog tidak sehat (spam) yang dibenci google yang sanggup berdampak kepada blog kita melalui link yang kita letakan, alih-alih kita mendapatkan backlink berkualitas, tetapi malah mendapatkan penalty dari google.


0 Response to "Apa Itu Linkjuice Dan Perbedaannya Dengan Backlink?"

Total Pageviews