Latest News

Contoh Soal Essay Sosiologi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Besertajawaban Part-2 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk

Melanjutkan tulisan Contoh Soal Essay Sosiologi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban bab pertama (soal nomor 1-10) , essay bab kedua berisikan bahan yang sama dengan soal dimulai dari nomor 11.

11. Sebutkan empat macam fungsi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sosial!
Jawaban:
Empat macam ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sosial , antara lain:
a. Perencanaan sosial.
b. Penelitian.
c. Pembangunan.
d. Pemecahan problem sosial.

12. Jelaskan objek sosiologi pada bab mikrososiologi!
Jawaban: Objek sosiologi pada bab mikrososiologi mengkaji perihal fakta sosial dimasyarakat dengan bukti empiris. Bukti empiris itu , untuk mengkaji secara rinci mengenai insiden dimasyarakat dalam lingkup kecil , menyerupai idealisme didalam masyarakat yang berbeda dengan kenyataan.

13. Sebutkan unsur-unsur sosiologi sebagai ilmu!
Jawaban:
Unsur-unsur sosiologi sebagai ilmu , antara lain:
-Pengetahuan.
-Tersusun secara sistematis.
-Menggunakan ajaran dan sanggup dikontrol.

14. Jelaskan yang dimaksud dengan pengetahuan
Jawaban: Pengetahuan ialah kesan didalam pikiran insan sebagai hasil penggunaan panca indranya.

15. Jelaskan korelasi antara status dan peranan sosial dengan interaksi sosial dalam korelasi antarrelasi sosial!
Jawaban: Pada dasarnya , setiap orang mempunyai status dan peranan yang harus dijalankannya. Misalnya , seseorang yang berstatus ustad mempunyai tugas pembimbing masyarakat dalam kehidupan beragama. Dengan tugas serta status tersebut , maka tingkah laris atau tindakan sosial harus mencerminkan sikap yang sanggup dicontoh. Di sinilah terlihat korelasi antara status dan tugas sosial dengan bentuk interaksi sosial , dimana status sosial memberi bentuk dan pola terhadap interaksi sosial.

16. Jelaskan yang dimaksud dengan nilai sosial!
Jawaban: Nilai sosial ialah sesuatu yang bersifat abnormal berupa prinsip-prinsip , patokan-patokan , anggapan , maupun keyakinan-keyakinan yang berlaku disuatu masyarakat.

17. Sebutkan tiga penekan didalam objek studi sosiologi yang ditekankan oleh para ahli!
Jawaban:
Tiga pengutamaan didalam objek Sosiologi:
a. kelompok individualis , dari kelompok ini masyarakat dipandang dari sudut individu , apa yang ada dan terjadi di tengah masyarakat ialah hasil dari daya dampak dan mempengaruhi antara individu yang satu dengan individu yang lain. Tokohnya: Georg Simmel.
b. Kelompok kolektivitas , segala sesuatu yang terjadi atas individu telah ditentukan oleh kehendak masyarakat (kelompok sosial). Tokohnya: Ludwig Gamplowicz.
c. Kelompok realitas sosial , bersama-sama kelompok ini ingin menyatukan pandangan antara kelompok individualistis dengan kelompok kolektivitas , lantaran masing-masing kelompok itu berdiri secara sepihak dan berat sebelah , sedangkan sosiologi tidak berhasil menjelaskan kenyataan atau fakta sosial yang sesungguhnya , sehingga kelompok ini memandang pentingnya integrasi.

18. Sebutkan tujuh unsur utama kebudayaan!
Jawaban:
Tujuh unsur utama kebudayaan. yaitu:
- Sistem komunikasi (bahasa).
- Sistem kepercayaan (religi).
- Sistem kesenian (seni).
- Sistem organisasi sosial (sistem kemasyarakatan).
- Sistem mata pencaharian.
- Sistem pengetahuan.
- Sistem peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi).

19. Apa artinya sosiologi bersifat kumulatif?
Jawaban: Sosiologi bersifat kumulatif , alasannya ialah teori-teori sosiologi dibangun atas dasar teori-teori yang sudah ada atau memperbaiki , memperluas , serta memperkuat teori-teori lama.

20. Apa yang dimaksud sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abnormal dan bukan pengetahuan yang konkret?
Jawaban: Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abnormal dan bukan pengetahuan yang kasatmata , artinya: bahwa yang menjadi perhatian sosiologi ialah bentuk dan pola-pola insiden dalam masyarakat secara menyeluruh , bukan hanya insiden itu sendiri.

Lanjut ke soal nomor 21-35 => Contoh Soal Essay Sosiologi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part-3
Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Essay Sosiologi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Besertajawaban Part-2 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews