Soal-soal uraian/essay Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang sedang Anda baca ini , berisikan bahan yang sama dengan Contoh Soal PG PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya bab pertama dan Kedua , yaitu perihal Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintah.
Berikut , referensi soal essay PKN kelas 10 semester satu kurikulum 2013 (K13) dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat.
1. Jelaskan pengertian pembagian kekuasaan!
Jawaban: pembagian kekauasaan yakni proses menceraikan wewenang yang dimiliki oleh negara untuk (memerintah , mewakili , mengurus , dan sebagainya) menjadi beberapa bab (legislatif , direktur , dan yudikatif) untuk diberikan kepada beberapa forum negara untuk menghindari pemusatan kekuasaaan (wewenang) pada satu pihak atau lembaga.
2. Jelaskan pengertian kekuasaan direktur berdasarkan John Locke!
Jawaban: kekuasaan direktur berdasarkan John Locke yakni kekuasaan untuk melakukan undang-undang. Pemegang kekuasaan ekseskutif harus melakukan undang-undang dengan baik semoga pelaksanaan kekuasaan dalam pemerintahan berjalan lancar.
3. Sebutkan kiprah dan wewenang menteri-menteri secara umum!
Jawaban:
a. Memimpin departemen sesuai kiprah pokok yang ditetapkan pemerintah dan membina aparatur departemen yang dipimpinnya.
b. Menentukan kebijakan pelaksanaan bidang pemerintahan yang menjadi tanggung jawabnya sesuai kebijakan umum yang ditetapkan oleh presiden.
c. Membina dan melakukan kolaborasi dengan departemen , instansi , dan organisasi terkait lainnya untuk memecahkan duduk perkara yang timbul.
4. Sebutkan kiprah dan wewenang presiden!
Jawaban:
a. Membuat undang-undang bersama MPR
b. Menetapkan peraturan pemerintah
c. Memegang kekuasaan yang tertinggi , yaitu angkatan darat , angkatan maritim , dan angkatan udara.
d. Menyatakan perang , menciptakan perdamaian , dan perjanjian dengan negara lain atas persetujuan DPR.
e. Menyatakan keadaan berbahaya
f. Mengangkat dan mendapatkan penempatan duta konsul negara lain dengan memerhatikan pertimbangan DPR
g. Memberikan pengampunan sanksi dan rehabilitasi dengan memerhatikan pertimbangan Mahkamah Agung
h. Memberikan amnesti dan peniadaan dengan memerhatikan pertimbangan DPR
i. Memberikan gelar , tanda jasa , dan lain-lain tanda kehormatan yang diatur denga undang-undang.
j. Mengangkat dan memberhentikan menteri
k. Mengajukan RUU APBN kepada DPR.
5. Bagaimana sistem pemerintahan di Indonesia!
Jawaban: sistem pemerintahan yang sanggup disebut juga sebagai sistem ketatanegaraan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 , tidak menganut suatu sistem negara manapun , tetapi yakni suatu sistem khas berdasarkan kepribadian Bangsa Indonesia. Namun , sistem ketatanegaraan Republik Indonesia tidak terlepas dari aliran trias politica Montesquieu. Ajaran trias politica tersebut yakni perihal tentang pemisahan kekuasaan negara menjadi tiga , yaitu legislatif , direktur , dan yudikatif yang lalu masing-masing kekuasaan tersebut dalam pelaksanaannya diserahkan kepada suatu tubuh berdikari , artinya masing-masing tubuh itu satu sama lain tidak sanggup saling memengaruhi dan tidak sanggup saling meminta pertanggungjawaban.
Lanjut ke soal nomor 6-10 => Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Part-2 Berbagai Sumber
Berikut , referensi soal essay PKN kelas 10 semester satu kurikulum 2013 (K13) dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat.
1. Jelaskan pengertian pembagian kekuasaan!
Jawaban: pembagian kekauasaan yakni proses menceraikan wewenang yang dimiliki oleh negara untuk (memerintah , mewakili , mengurus , dan sebagainya) menjadi beberapa bab (legislatif , direktur , dan yudikatif) untuk diberikan kepada beberapa forum negara untuk menghindari pemusatan kekuasaaan (wewenang) pada satu pihak atau lembaga.
2. Jelaskan pengertian kekuasaan direktur berdasarkan John Locke!
Jawaban: kekuasaan direktur berdasarkan John Locke yakni kekuasaan untuk melakukan undang-undang. Pemegang kekuasaan ekseskutif harus melakukan undang-undang dengan baik semoga pelaksanaan kekuasaan dalam pemerintahan berjalan lancar.
3. Sebutkan kiprah dan wewenang menteri-menteri secara umum!
Jawaban:
a. Memimpin departemen sesuai kiprah pokok yang ditetapkan pemerintah dan membina aparatur departemen yang dipimpinnya.
b. Menentukan kebijakan pelaksanaan bidang pemerintahan yang menjadi tanggung jawabnya sesuai kebijakan umum yang ditetapkan oleh presiden.
c. Membina dan melakukan kolaborasi dengan departemen , instansi , dan organisasi terkait lainnya untuk memecahkan duduk perkara yang timbul.
4. Sebutkan kiprah dan wewenang presiden!
Jawaban:
a. Membuat undang-undang bersama MPR
b. Menetapkan peraturan pemerintah
c. Memegang kekuasaan yang tertinggi , yaitu angkatan darat , angkatan maritim , dan angkatan udara.
d. Menyatakan perang , menciptakan perdamaian , dan perjanjian dengan negara lain atas persetujuan DPR.
e. Menyatakan keadaan berbahaya
f. Mengangkat dan mendapatkan penempatan duta konsul negara lain dengan memerhatikan pertimbangan DPR
g. Memberikan pengampunan sanksi dan rehabilitasi dengan memerhatikan pertimbangan Mahkamah Agung
h. Memberikan amnesti dan peniadaan dengan memerhatikan pertimbangan DPR
i. Memberikan gelar , tanda jasa , dan lain-lain tanda kehormatan yang diatur denga undang-undang.
j. Mengangkat dan memberhentikan menteri
k. Mengajukan RUU APBN kepada DPR.
5. Bagaimana sistem pemerintahan di Indonesia!
Jawaban: sistem pemerintahan yang sanggup disebut juga sebagai sistem ketatanegaraan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 , tidak menganut suatu sistem negara manapun , tetapi yakni suatu sistem khas berdasarkan kepribadian Bangsa Indonesia. Namun , sistem ketatanegaraan Republik Indonesia tidak terlepas dari aliran trias politica Montesquieu. Ajaran trias politica tersebut yakni perihal tentang pemisahan kekuasaan negara menjadi tiga , yaitu legislatif , direktur , dan yudikatif yang lalu masing-masing kekuasaan tersebut dalam pelaksanaannya diserahkan kepada suatu tubuh berdikari , artinya masing-masing tubuh itu satu sama lain tidak sanggup saling memengaruhi dan tidak sanggup saling meminta pertanggungjawaban.
Lanjut ke soal nomor 6-10 => Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Part-2 Berbagai Sumber
0 Response to "Contoh Soal Essay Pkn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Besertajawabannya - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"