Latest News

Contoh Soal Essay Pkn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Besertajawabannya Part-5 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk

Berisikan materi yang sama dengan soal PG PKN kelas 10 semester satu K13 bab kelima , yaitu ihwal "Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945". Selain itu , essay bab kelima merupakan lanjutan Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya bab ke-4 (soal nomor 16-25).

Berikut , teladan soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X semester ganjil dengan kunci tanggapan untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat dimulai dari soal nomor 26.

26. Jelaskan yang dimaksud dengan sistem politik!
Jawaban: sistem politik diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan banyak sekali aktivitas dalam negara yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan , upaya-upaya mewujudkan tujuan , pengambilan keputusan , seleksi , dan penyusunan skala prioritasnya.

27. Sebutan komponen-komponen suprastruktur politik Indonesia!
Jawaban: Lembaga suprastruktur politik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 mencakup MPR , dewan perwakilan rakyat , DPD , presiden danwakil presiden , Mahkamah Agung , Mahkamah Konstitusi , Komisi Yudisial , Badan Pemeriksa Keuangan , dan forum penyelenggara pemerintahan lainnya menyerupai menteri , jaksa , polisi , dan TNI.

28. Sebutkan kiprah dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah!
Jawaban: kiprah dan wewenang DPD yaitu:
a. Mengajukan rancangan undang-undang kepada dewan perwakilan rakyat yang berkaitan dengan otonomi kawasan , hubungan sentra dan kawasan , pembentukan dan pemekaran , dan penggabungan kawasan , pengelolaan sumber daya alam , dan sumber daya ekonomi lainnya , serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan sentra dan daerah.
b. Ikut membahas rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi kawasan , hubungan sentra dan kawasan , pembentukan pemekaran , dan penggabungan kawasan , pengelolaan sumber daya alam , dan sumber daya ekonomi lainnya , serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan sentra dan kawasan , yang diajukan baik oleh dewan perwakilan rakyat maupun pemerintah.
c. Memberikan pertimbangan kepada dewan perwakilan rakyat atas rancangan undang-undang APBN dan rancangan undang-undang pajak , pendidikan , dan agama.
d. Memberikan pertimbangan kepada dewan perwakilan rakyat dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
e. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi kawasan , pembentukan dan pemekaran , dan penggabungan kawasan , pembentukan dan pemekaran , dan penggabungan kawasan , hubungan sentra dan kawasan , pengelolaan sumber daya alam , dan sumber daya ekonomi lainnya , pelaksanaan APBN , pajak , pendidikan , dan agama.
f. Menerima hasil investigasi keuangan negara dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk dijadikan materi menciptakan pertimbangan bagi dewan perwakilan rakyat ihwal rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN.

29. Sebutkan kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945!
Jawaban: adapun kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung berdasarkan pasal 24A Undang-Undang Dasar 1945 , sebagai berikut.
Pasal 24A
(1) Mahkamah Agung berwenang mengadili pada tingkat kasasi , menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang dan memiliki wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.

30. Sebutkan fungsi partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia!
Jawaban: beberapa fungsi partisipasi politik ialah sebagai berikut.
a. Sarana untuk mengejar kebutuhan ekonomi , partisipasi politik seringkali muncul dalam bentuk upaya-upaya menyebabkan arena politik untuk memperlancar perjuangan ekonominya ataupun sebagai sarana untuk mencari laba masyarakat.
b. Sarana untuk memuaskan suatu kebutuhan bagi pembiasaan sosial , yakni memenuhi akan harga diri , meningkatnya status sosial , dan merasa terhormat alasannya bergaul dengan pejabat-pejabat terkemuka dan penting.
c. Sarana untuk mengejar nilai-nilai khusus. Dalam hal ini , orang berpartisipasi dalam politik dianggap sanggup dijadikan sarana bagi pencapaian tujuan-tujuan tertentu menyerupai untuk mendapat pekerjaan , mendapat proyek dan tender , dan melancarkan karir bagi jabatannya. Nilai-nilai khusus dan kepentingan individu tersebut apabila tercapai akan makin mendorong partisipasinya dalam politik.
d. Sarana untuk memenuhi kebutuhan alam bawah sadar dan kebutuhan psikologi tertentu , menyerupai kekuasaan batin perasaan terhormat , merasa menjadi sosok yang penting dan dihargai orang lain dan kepuasan-kepuasan atas sasaran yang telah ditetapkan.

Lanjut ke soal nomor 31-40 => Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Part-6
Berbagai Sumber

0 Response to "Contoh Soal Essay Pkn Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Besertajawabannya Part-5 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"

Total Pageviews