Mengajarkan membaca kepada anak , dapat dengan sering mengajaknya membaca bersama-sama. Membaca dongeng bersama anak memiliki banyak sekali macam fungsi , yaitu:
- Untuk mengenalkan anak pada buku bacaan , merangsang biar bawah umur bahagia membaca.
- Menciptakan ikatan yang bersahabat antara orangtua dan anak , anak dan orangtua akan saling mengenal abjad masing-masing.
- Sebagai pengantar imajinasi anak , saat mendengarkan sebuah dongeng , pikirannya akan mulai berimajinasi mencoba untuk mencerna hal yang didengarnya.
- Sebagai pengantar tidur , sehingga anak memilki teladan tidur yang teratur.
Ada banyak cara melakukannya , dapat dengan berkumpul dikamar membaca dongeng bersama yang pastinya sangat menarik untuk anak-anak. Biasanya walaupun mereka sedang melaksanakan acara apapun saat mendengar permintaan , "kita baca dongeng dikamar yuuuk..." mereka akan berlarian meninggalkan acara yang mereka lakukan dan duduk berkumpul diatas daerah tidur.
Namun syarat utama yang harus diajukan sebelum membaca dongeng bersama yakni membereskan mainanannya terlebih dahulu , atau menuntaskan makan siang/malamnya kemudian dilanjutkan dengan basuh tangan , basuh kaki , basuh muka , dan ganti baju. Selanjutnya mereka boleh menentukan buku yang hendak mereka baca.
Untuk mempermudah dalam membacakan dongeng dapat di bagi dalam beberapa tahapan.
Tahapan Pertama
Untuk anak dibawah tiga tahun dapat dengan membacakan gambar , tanpa membacakan dongeng aslinya. Cara ini dilakukan biar mereka tidak cepat bosan kalau kita membacakan seluruh teks dalam ceritanya. Makara yang dilakukan hanya menyebutkan benda-benda dalam gambar dan berimprovisasi sedikit dengan menghitung benda , menyebutkan warna dan membunyikan bunyi dalam gambar tersebut.
Tahapan Kedua
Adalah saat anak sudah mulai dapat mengerti saat dibacakan dongeng aslinya , biasanya sekitar 3-5 tahunan. Saat ini sudah dapat mulai membacakan dongeng orisinil , tentunya dengan mimik , bunyi dan membuat suasana yang menyenangkan.
Pada tahapan ini dapat juga membuat dongeng sendiri , abjad yang dipilih dapat apapun , contohnya saja yang berkaitan dengan binatang. Basanya dongeng dibentuk menurut insiden yang di alami. Selanjutnya dapat berikan proposal pada anak untuk gantian membuat cerita.
Tahapan Ketiga
Ketika anak sudah dapat membaca , tidak perlu lagi membacakan dongeng untuk mereka. Tetapi dapat mengajak mereka untuk memahami makna goresan pena dalam dongeng tersebut. Buku dongeng yang dapat dipilih antara lain buku sakunya Enid Blyton , alasannya buku tersebut memakai terjemahan bahasa indonesia yang baik. Makara dalam tahapan ini kita sudah mulai untuk berguru Bahasa Indonesia tanpa memakai papan tulis.
Mudahkan merangsang anak untuk berguru baca , praktekan di rumah ya..
0 Response to "Menumbuhkan Minat Membaca Anak - Berguru Berdikari Di Rumah"