Latest News

Biologi : Laporan Praktikum Tape Ketan




LAPORAN PRAKTIKUM

Diajukan untuk memenuhi salahsatu tugas
Mata kuliah Biologi Terapan
Dosen pembimbing :
Nurilmiyati , Dra. , M.M


Disusun Oleh :
1.       Agus Muharam
2.       Ferdi Bahtiar
3.       Riki rijki Trianova
4.       Suhendar

KELAS : 4E
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BIOLOGI
2012-2013







Laporan Praktikum Biologi Terapan
“Pembuatan Tape Ketan”



Bab. I
Pendahuluan

I.                  Latar Belakang
Bioteknologi yaitu pemanfaatan mikroorganisme untukmenghasilkan suatu produk yang sanggup dipakai oleh manusia. Bioteknologidibagi menjadi dua , yaitu , bioteknologi konvensional (tradisional) danbioteknologi modern.Bioteknologi konvensional biasanya menggunakanmikroorganisme berupa basil , jamur , dll. Sedangkan bioteknologi modernbiasanya memakai teknologi-teknologi yang sanggup membantu kita dalam prosespengkloningan , kultur jaringan.
Pengolahan masakan dengan cara fermentasi merupakanjenis pengolahan masakan yang cukup tua. Secara tradisional banyak dilakukan ditingkat rumah tangga. Indonesia sangat kaya akan produk-produk pangan hasilproses fermentasi. Salah satu misalnya tape.



II.                Rumusan Masalah
-         Apakah faktor-faktor yangmempengaruhi proses fermentasi?
III.             Tujuan 
Adapuntujuan-tujuan dilaksanakannya penelitian bioteknologi fermentasi ini ,diantaranya :
1. untuk mengetahui proses pembuatan tape
2. untuk mengetahui proses terjadinya fermentasi


IV.             Manfaat
-         Menambah pengetahuan wacana aplikasibioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.
-         Menambah pengetahuan wacana prosesfermentasi pada pembuatan tape ketan


Bab. II
Kajian Teori

Pengertian bioteknologi
Bioteknologi berasal dari kata latin yaitu bio(hidup) , teknos (teknologi = penerapan) dan logos (ilmu). Bioteknologi adalahcabang biologi yang mempelajari pemanfaatan prinsip ilmiah dan rekayasaterhadap organisme , proses biologis untuk meningkatkan potensi organisme maupunmenghasilkan produk dan jasa bagi kepentingan manusia.bisa diartikanjuga ,Bioteknologi yaitu penggunaan biokimia , mikrobiologi , dan rekayasgenetika secara terpadu untuk menghasilkan barang atau lainnya bagi kepentinganmanusia.
Bioteknologi dibagi ke dalam 2 bab , yaitubioteknologi modern dan bioteknologi konvensional. Salah satu pola daribioeknologi konvensional yaitu pembuatan tape ini. Dan salah satu pola daribioteknologi modern yaitu rekayasa genetika.
Ciri-ciri utama bioteknologi yaitu adnya bendabiologi berupa benda mikro organisme tumbuhan atau binatang , adanya pendayagunaansecara teknologi dan industri , dan produk yang dihasilkan yaitu hasilekstraksi dan pemurnian.
Generasi pertama yaitu bioteknologi sederhana yaitupenggunaan mikroba yang masih secara tradisional dalam produksi masakan dantanaman ataupun pengawetan masakan , sebagai pola yaitu pembuatan tempe , tape ,cuka , dan lain-lain. Generasi kedua yaitu proses berlangsung dalam keadaantidak steril , sebagai pola pembuatan kompos dan produksi materi kimia.Generasi ketiga yaitu proses dalam keadaan tidak steril , sebagai contohprodukasi antibiotic dan hormon. Generasi keempat yaitu generasi bioteknologibaru , sebagai pola produksi insulin.
Pengertian tape ketan
Tape merupakan masakan tradisional yang banyakdikonsumsi oleh masyarakat Indonesia , terutama orang sunda. Tape ini dibuatdengan cara difermentasikan selama 2-3 hari , dengan dukungan bakterisaccharomyces cerivisiae. Mucor chlamidosporus dan Endomycopsis fibuligera.
Pengertian Fermentasi
Fermentasi yaitu proses produksi energi dalam seldalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Secara umum , fermentasi yaitu salahsatu bentuk respirasi anaerobik , akan tetapi , terdapat definisi yang lebihjelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobikdengan tanpa peserta elektron eksternal.
Gula yaitu materi yang umum dalam fermentasi. Beberapacontoh hasil fermentasi yaitu etanol , asam laktat , dan hidrogen. Akan tetapibeberapa komponen lain sanggup juga dihasilkan dari fermentasi menyerupai asambutirat dan aseton. Ragi dikenal sebagai materi yang umum dipakai dalamfermentasi untuk menghasilkan etanol dalam bir , anggur dan minuman beralkohollainnya. Respirasi anaerobik dalam otot mamalia selama kerja yang keras (yangtidak mempunyai peserta elektron eksternal) , sanggup dikategorikan sebagai bentukfermentasi.
















BAB III
ALAT , BAHAN DANCARA KERJA

C.     Alat dan Bahan
1.      Bahan          
-         Beras ketan 2kg
-         Daun coklat
-          1 butir ragi
-         air
-     daun katuk
2.      Alat
-         Panci
-         Baskom
-         Toples
-         Sendok

D.    Langkah Kerja

1.      Cuci beras ketan hingga higienis kemudian rendam selama1 jam. Lalu tiriskan.
2.      Kukus ketan hingga matang , kemudian dinginkan.
3.   aroni kemudian beriperasan air daun katuk.
4.   lalu kukuskembali hingga matang
5.   setelahmatang kemudian dinginkan.
4.      Haluskan ragi , kemudian taburi ketan dengan ragi.
5.      Setelah merata , masukkan ketan kedalam toples lalututup rapat.







Bab. IV
Pembahasan
Setelahmelakukan penelitian selama 2 hari wacana pembuatan tape ketan , kami dapatmembahas bagaimana tape ketan dibentuk , memaparkan faktor-faktor yang terlibatdalam pembuatan ataupun dalam proses fermentasi tape.
Pertumbuhan mikroorganisme selama proses fermentasidipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:
1.      KonsentrasiGaram
Konsentrasi garam yang dianjurkan yaitu 5-15%(20-600S). Garam berfungsi untuk menghambat pertumbuhan jenis-jenismikroorganisme pembusuk yang tidak diinginkan selama proses fermentasiberlangsung. Prinsip kerja garam dalam proses fermentasi yaitu untuk mengaturAw (ketersediaan air untuk kebutuhan mikroorganisme). Mikroorganisme yangdiinginkan untuk tumbuh yaitu jenis-jenis basil penghasil asam. Selainmengatur Aw , garam juga berfungsi untuk menarik keluar cairan sel jaringan yangmengandung sakarida-sakarida , dimana sakarida tersebut merupakan nutrien untukpertumbuhan mikroorganisme. Kadar garam selama fermentasi akan berubah karenacairan dalam sel-sel jaringan tertarik keluar sel , alasannya yaitu itu secara periodikharus diadakan adaptasi kadar garam.
2.     Suhu
Suhu selama proses fermentasi sangat memilih jenismikroorganisme lebih banyak didominasi yang akan tumbuh. Umumnya diharapkan suhu 300C untukpertumbuhan mikroorganisme. Bila suhu kurang dari 300C pertumbuhanmikroorganisme penghasil asam akan lambat sehingga sanggup terjadi pertumbuhanproduk.
3.      Oksigen
Ketersediaaan oksigen harus diatur selama prosesfermentasi. Hal ini berafiliasi dengan sifat mikroorganisme yang digunakan.Contoh khamir dalam pembuatan anggur dan roti biasanya membutuhkan oksigenselama proses fermentasi berlangsung , sedangkanuntuk bakteri-bakteri penghasil asam tidak membutuhkan oksigen selama prosesfermentasi berlangsung.
Oleh alasannya yaitu itulah , proses fermentasi pada ketan yangtertutup rapat lebih cepat dibandingkan dengan ketan yang terbuka.


Bab. V
Penutup
Kesimpulan
Setelah melaksanakan penelitian , ternyata kami dapatmenyimpulkan bahwa fermentasi yang terjadi pada tape ketan terjadi selama 2-3hari. Selain itu juga , dalam proses pembuatan tape ini ada hal-hal yang harusdiperhatikan supaya proses fermentasi tersebut berlangsung secara sempurna.Selama proses fermentasi tidak memerlukan oksigen. Oleh alasannya yaitu itulah , prosesfermentasi pada ketan yang tertutup rapat lebih cepat dibandingkan dengan ketanyang terbuka. Lamanya proses fermentasi juga mensugesti kadar alcohol yangdihasilkan.
Saran
Saran yang sanggup penyusun sampaikan untukpraktikum-praktikum selanjutnya yaitu diharapkan kepada praktikan selanjutnyaagar lebih memperhatikan bagaimana pembuatan tape tersebut supaya pembuatantape tersebut berlangsung sempurna.


























LAMPIRAN

Pertanyaan dari ikeu:
1.       Apakahberas ketan bisa diganti dengan beras biasa?
Bisa saja tetapi alasannya yaitu tekstur beras biasalebih lunak dari pda beras ketan sehing ga tape akan lebih cepat busuk..
Pertanyaan dari deti:
2.       Apanama jamur untuk menciptakan tape?
Sacaromyces
3.       Sepertiapa proses fermentasi pada tape ketan?
Pada beberapa mikroba insiden pembebasanenergi terealisasi alasannya yaitu asam piruvat diubah menjadi asam asetat + CO2selanjutaya asam asetat diabah menjadi alkohol.Dalam fermentasi alkohol , satumolekul glukosa hanya sanggup menghasilkan 2 molekul ATP , bandingkan denganrespirasi aerob , satu molekul glukosa bisa menghasilkan 38 molekulATP.Reaksinya :

1.Gula (C6H12O6) ————> asam piruvat (glikolisis)

2.Dekarbeksilasi asam piruvat.
Asampiruvat ——————> asetaldehid + CO2 piruvat dekarboksilase (CH3CHO)

3.Asetaldehid oleh alkohol dihidrogenase diubah menjadi alkohol(etanol)
2 CH3CHO + 2 NADH2———>2 C2HsOH + 2 NAD.alcohol dehidrogenaseenzim

Ringkasan reaksi :

C6H12O6———> 2 C2H5OH + 2 CO2 + 2 NADH2 + Energi












  

0 Response to "Biologi : Laporan Praktikum Tape Ketan"

Total Pageviews