Latest News

Biologi : Padi Polibag



Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiaptahunnya kita kehilangan ribuan hektar lahan pertanian yang dialih fungsikanmenjadi sarana perumahan , pertokoan , dan lain-lain. Hal ini tentu sedikitbesarnya akan besar lengan berkuasa terhadap menurunnya hasil produksi pertanian terutamamakanan pokok menyerupai padi/beras.
Menanam padidengan media polybag atau baskom plastik yang akan saya paparkan nanti walaupuntidak menjadi solusi bagi penambahan lahan pertanian dan peningkatan hasilpertanian tapi diperlukan menjadi salah satu alternatif jikalau terus diperdalamdan dikembangkan.
Bagi yangtinggal di pedesaan bertanam padi menyerupai ini akan jadi tidak efektif , namunbagi yang tinggal di perkotaan Bertanam padi memakai polybag mungkin akanjadi sebuah solusi yang anggun untuk mengatasi ketiadaan kawasan , selain itubertanam padi dengan cara menyerupai ini anggun juga sebagai sarana untukmenyalurkan hobi dan mengisi waktu luang , bahkan anda akan mencicipi sensasidan kebanggan yang luar biasa saat padi yang anda tanam dengan tangan andasendiri tumbuh subur , buah menguning dan berisi.
Untuk lebihjelasnya inilah tahapan penanaman padi polybag:
Bahan yangdibutuhkan:
-  Tanah
-  Polybag/ember plastik dengan diameter 30-40 cm
-  Pupuk organik/kompos
-  Benih padi
H-6Penyemaian Benih
  1. Masukkan benih kedalam air , benih yang mengapung/ mengambang dibuang , yang karam biarkan rendam  24 jam.
  2. Benih diperam/bungkus daun/kain/kertas koran  24 jam.
  3. Buatlan persemaian: 1 pecahan tanah kering subur halus : 1 pecahan Pupuk Organik Padat , aduk merata , diayak. Wadah persemaian dilapisi plastik. Tinggi  lahan semai 5-7cm. Semaikan benih. Tutup benih dengan media semai tadi , tipis saja sekira 1-2mm.
  4. Pertahankan kelembaban benih dengan cara menyemprotnya dengan air biasa , tiap 4-6 jam. Simpan di kawasan yang tidak terkena matahari langsung/teduh.
H-1menyiapkan Media Tanam
Buatlahmedia tanam: 60% tanah : 40% Pupuk Organik/kompos. Aduk rata. Masukkan ke dalamember atau polybag tidak  berlubang minimal 20ltr , volume 30ltrlebih baik.  Media tanam agak “dibukitkan” untuk menanam benihditengahnya , dan pengairan di pinggirannya.
http://diajarpinter.files.wordpress.com/2011/02/padi-polybag.jpg?w=378&h=73
Hari HPenanaman
  1. Tanamkan benih pada usia 5-7 hari.
  2. Tarik pangkal benih memakai ajun , jaga semoga butir padi (gabah) yang masih melekat tidak rusak (butir padi berfungsi sebagai ari-ari nutrisi akar & daun benih muda).
  3. Dorong pangkal benih secara horizontal dari pinggir sampai pangkal benih terbenam 1cm dengan butir padi menancap ke dalam tanah secara horizontal (pinggir) , biarkan akar tergerai di permukaan tanah (jangan ditekan).
  4. Hanya 1 batang benih , daun tidak dipotong.
  5. Simpan di kawasan terbuka-matahari penuh.
Pengairan/PenyiramanSehari-hari
Umur Padi
Pengairan
0 – Berbunga merata
Macak-macak
Berbunga merata – Padi Menguning
Rendam 2-3cm
Padi menguning – Panen
Keringkan
Panen
  1. Lakukan panen menyerupai pada umumnya.
  2. Jerami sanggup dipakai untuk materi baku Pupuk Organik Padat .
  3. Tanah/ media tanam sanggup dipakai untuk animo tanam berikutnya. Caranya: airi media tanam sampai lembek , lalu balikkan/telungkupkan sisa bonggol padi – Campur dan adukkan Pupuk Organik Padat – biarkan 1 ahad – tanami kembali benih dari persemaian menyerupai diatas.

0 Response to "Biologi : Padi Polibag"

Total Pageviews