Melanjutkan goresan pena Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban bab pertama (soal nomor 1-10) , bab kedua dimulai dari soal nomor 11.
11. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks mekanisme ialah kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
Pembahasan:
Kalimat imperatif ialah kalimat yang mengandung unsur perintah..
12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam , kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya , salah satu pelepah daunnya ditarik hingga hampir roboh. Tandanya pisang jangan hingga membentur tanah supaya tidak trusak. Sebelum tandan bersahabat ke tanah , ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan bab dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. gejala buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai materi keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
Pembahasan:
Teks diatas termasuk dalam teks mekanisme , teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.
13. Bacalah teks mekanisme berikut!
Daun cincau disiapkan di ember , kemudian siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat supaya terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan menciptakan daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan , sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut ialah bab isi yang menjelaskan perihal ….
a. pemilihan materi pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat hemat pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam teks mekanisme , teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau.
14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air higienis secukupnya hingga mendidih! Setelah itu , celupkan daun jeruk purut beberapa dikala supaya daun itu menjadi lunak! Lalu , angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu , peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah ialah ,…
a. rebuslah , celupkan , tumbuk , peraslah
b. secukupnya , beberapa , menjadi , mendidih
c. rebuslah , beberapa , menjadi , diberi
d. tiriskan , menjadi , beberapa , selembar
e. selembar , pandan , peraslah , beberapa
Jawaban: a. rebuslah , celupkan , tumbuk , peraslah
Pembahasan:
Kalimat perintah biasanya memakai partikel -lah dalam teks tersebut yang memakai partikel -lah adalah rebuslah , celupkan , tumbuk , peraslah.
15. Cermatilah teks berikut!
Siapkan ember yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang gres dipetik , masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan , berilah air matang bertahap , kemudian diremas , sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
a. kemudian , sehingga , dan
b. siapkan , masukkan , campurkan
c. kemudian , siapkan , disaring
d. sesudah , campurkan , ditampung
e. campurkan , dan , disiapkan
Jawaban: a. kemudian , sehingga , dan
Pembahasan:
Kata hubung sanggup disebut dengan kata hubung , kata yang hubung yang sempurna dalam teks tersebut kemudian , sehingga , dan.
16. Teks mekanisme kompleks mempunyai struktur , yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
Pembahasan:
Teks mekanisme berisi perihal langkah menciptakan atau melaksanakan sesuat. Struktur teks mekanisme ialah judul-tujuan-langkah langkah.
17. Dalam teks mekanisme kompleks , hasil simpulan yang akan dicapai terdapat dalam bab ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
Pembahasan:
Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks , jikalau tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut sanggup dikatakan teks tanpa penyelesaian.
18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks mekanisme kompleks ialah ….
a. mempunyai struktur “tujuan langkah-langkah
b. memakai verbal material
c. lucu dan menarik
d. memakai kalimat imperative
e. memakai kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
Pembahasan:
Berikut ciri kebahasaan teks mekanisme ialah mempunyai “struktur tujuan langkah-langkah , memakai verba material , memakai kalimat imperative memakai kalimat partisipan manusia.
19. Di dalam teks mekanisme kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif dan kopulatif
e. verbal tingkah laris dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
Pembahasan:
Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laris ialah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada bergotong-royong tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan , pada dikala menyimpan sebaiknya di kawasan yang dingin. Caranya kawasan itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas ialah tahap acara yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
Pemasaran:
Teks diatas teks mekanisme , teks mekanisme berisi perihal langkah-langkah pernyataan tersebut ialah tahap acara ialah penyimpanan.
Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part-3 Berbagai Sumber
11. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks mekanisme ialah kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
Pembahasan:
Kalimat imperatif ialah kalimat yang mengandung unsur perintah..
12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam , kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya , salah satu pelepah daunnya ditarik hingga hampir roboh. Tandanya pisang jangan hingga membentur tanah supaya tidak trusak. Sebelum tandan bersahabat ke tanah , ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan bab dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. gejala buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai materi keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
Pembahasan:
Teks diatas termasuk dalam teks mekanisme , teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.
13. Bacalah teks mekanisme berikut!
Daun cincau disiapkan di ember , kemudian siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat supaya terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan menciptakan daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan , sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut ialah bab isi yang menjelaskan perihal ….
a. pemilihan materi pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat hemat pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam teks mekanisme , teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau.
14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air higienis secukupnya hingga mendidih! Setelah itu , celupkan daun jeruk purut beberapa dikala supaya daun itu menjadi lunak! Lalu , angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu , peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah ialah ,…
a. rebuslah , celupkan , tumbuk , peraslah
b. secukupnya , beberapa , menjadi , mendidih
c. rebuslah , beberapa , menjadi , diberi
d. tiriskan , menjadi , beberapa , selembar
e. selembar , pandan , peraslah , beberapa
Jawaban: a. rebuslah , celupkan , tumbuk , peraslah
Pembahasan:
Kalimat perintah biasanya memakai partikel -lah dalam teks tersebut yang memakai partikel -lah adalah rebuslah , celupkan , tumbuk , peraslah.
15. Cermatilah teks berikut!
Siapkan ember yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang gres dipetik , masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan , berilah air matang bertahap , kemudian diremas , sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
a. kemudian , sehingga , dan
b. siapkan , masukkan , campurkan
c. kemudian , siapkan , disaring
d. sesudah , campurkan , ditampung
e. campurkan , dan , disiapkan
Jawaban: a. kemudian , sehingga , dan
Pembahasan:
Kata hubung sanggup disebut dengan kata hubung , kata yang hubung yang sempurna dalam teks tersebut kemudian , sehingga , dan.
16. Teks mekanisme kompleks mempunyai struktur , yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
Pembahasan:
Teks mekanisme berisi perihal langkah menciptakan atau melaksanakan sesuat. Struktur teks mekanisme ialah judul-tujuan-langkah langkah.
17. Dalam teks mekanisme kompleks , hasil simpulan yang akan dicapai terdapat dalam bab ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
Pembahasan:
Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks , jikalau tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut sanggup dikatakan teks tanpa penyelesaian.
18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks mekanisme kompleks ialah ….
a. mempunyai struktur “tujuan langkah-langkah
b. memakai verbal material
c. lucu dan menarik
d. memakai kalimat imperative
e. memakai kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
Pembahasan:
Berikut ciri kebahasaan teks mekanisme ialah mempunyai “struktur tujuan langkah-langkah , memakai verba material , memakai kalimat imperative memakai kalimat partisipan manusia.
19. Di dalam teks mekanisme kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif dan kopulatif
e. verbal tingkah laris dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
Pembahasan:
Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laris ialah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.
20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada bergotong-royong tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan , pada dikala menyimpan sebaiknya di kawasan yang dingin. Caranya kawasan itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas ialah tahap acara yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
Pemasaran:
Teks diatas teks mekanisme , teks mekanisme berisi perihal langkah-langkah pernyataan tersebut ialah tahap acara ialah penyimpanan.
Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part-3 Berbagai Sumber
0 Response to "Contoh Soal Pg Bahasa Indonesia K13 Kelas Xi Semester 1 Beserta Jawabanpart-2 - Foldersoal.Com - Soal Dan Pembahasan Un | Uambn Uasbn Unbk"